Istana Karang Cirebon, Miliki Pintu Tembus Langsung ke Mekkah


Jika Anda berkunjung ke Cirebon, jangan lupakan untuk mampir ke Istana Karang karena konon istana ini memiliki pintu yang tembus langsung ke Mekkah.

Istana yang memiliki nama lain Taman Sari Gua Sunyaragi ini berlokasi di Jl Brigjend Dharsono, Kampung Karang Balong, Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi., Cirebon, Jawa Barat. Bila Anda kesulitan untuk menemukan istana ini, Anda bisa bertanya pada warga sekitar karena sudah banyak warga yang tahu keberadaan istana ini.

Istana ini dibangun oleh Pangeran Kararangen di tahun 1702. Nama Sunyaragi sendiri memiliki arti, Sunya berarti sepi dan Ragi artinya raga.  Sang pangeran membuat istana ini untuk tempat beristirahat dan bersemedi bagi keluarga Kesultanan Cirebon.

Dikutip dari detik.com (Sabtu, 8/11/2014), pembangunan istana ini menggunakan batu karang yang diambil dari laut selatan Pulau Jawa. Konon katanya, sang pangeran dibantu oleh mahluk gaib untuk pembuatan istana.

Balai Kambang dan Panggung Budaya merupakan tempat yang dipakai untuk duduk bersantai dan bercengkerama. Ada juga danau buatan dalam ukuran mini.

Di dalam istana, Anda akan takjub karena terdapat 10 goa yang dahulu digunakan untuk tempat bersemedi dan tempat berlatih para prajurit. Kesepuluh gia tersebut pun masing-masing memiliki nama, yakni Gua Pengawal, Pande Kemasan, Simanyang, Peteng, Langse, Arga Jumut, Padang Ati, Klangenan, Lawa, dan Gua Pawon.

Yang menarik dari istana ini adalah adanya dua ruangan kecil yang dipercaya bisa menembus langsung sampai ke Mekkah dan China. Ruangannya kecil dan hanya muat untuk satu orang. Ruangan ini hanya boleh dipakai oleh para cendekiawan dan keluarga Kesultanan Cirebon. Tapi para pengunjung yang penasaran pun diizinkan masuk ke dalamnya.

Istana Karang ini bagus untuk berfoto-foto karena keunikan yang dimilikinya. Hanya saja perl perawatan agar bisa terus bertahan.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak