Hidup secara tradisional jauh dari barang-barang canggih dan modern. Rasanya untuk menjalani hidup seperti itu sangat sulit dijalani di masa sekarang. Manusia zaman sekarang sudah ketergantungan dengan hal-hal yang praktis dan mudah.

Tapi ada sebuah keluarga yang masih hidup secara sederhana dan jauh dari modernitas. Keluarga tersebut adalah keluarga Li Weicheng yang tinggal di Desa Zhuangzi, Luanchuan, Provinsi Henan.

Dikutip dari shanghaiist (Minggu, 9/11/2014), keluarga ini hidup berbeda dari orang kebanyakan. Li Weicheng berusia 66 tahun dan istrinya berumur 58 tahun mendadak terkenal setelah media Tencent News mengeluarkan foto-foto dokumentasi kehidupan mereka.

Sehari-hari kedua pasangan suami-istri ini hidup dengan mengandalkan alam. Untuk memenuhi kebutuhan minum, mereka mengandalkan air pancuran yang ada di belakang rumah, sedangkan untuk makan mereka menanam padi, beternak lebah, memelihara ayam, dan sayuran.

Keduanya memenuhi kehidupan mereka secara mandiri. Li tak pernah lepas dari radio kesayangannya dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

“Saya tidak pandai bersosialisasi dengan orang-orang atau menjalankan bisnis. Meskipun hidup saya di sini agak sulit, tapi saya sangat bahagia,” ucap Li.

Li dan istri benar-benar hidup di daerah yang jauh dari dunia luar. Untuk pergi ke luar daerah tempat mereka tinggal, Li dan sang istri harus menyusuri sebuah goa yang gelap barulah mereka bisa melihat dunia luar. Sesekali kedua orang tua ini dikunjungi anak perempuan dan laki-lakinya.

Tak mudah untuk menyusuri goa keluar. Kadang Li harus menggunakan obor untuk penerangan karena kondisi goa yang benar-benar gelap.

“Di musim panas, air di gua terkadang bisa setinggi paha. Kami harus membawa obor ketika melewatinya. Di musim dingin, ketika banjir datang, kami harus memutari gunung untuk keluar,” ungkap Li.

Sebenarnya dulu Li memiliki banyak tetangga, teteapi penduduk desa sudah kebanyakan yang pindah ke tempat lain. Hanya Li dan sang istri yang setia tetap tinggal di desa terpencil tersebut.(dea)