Sebuah studi menemukan bahwa indera penciuman wanita lebih baik dari pria. Mengaoa? Dalam suatupenelitian ditemukan suatu hal yang terkait dengan jumlah sel yang ada dalam otak wanita. Mereka menemukan bahwa dalam otak wanita memilki 50 persen lebih banyak sel olfaktori dibandingkan dengan pria.

Dikutip dari Daily Mail (Minggu, 9/11/2014), wanita dan pria memiliki cara yang berbeda dalam menerima papran aroma yang ada. Kemudian dalam berbagai tes, wanita selalu lebh unggul daripada pria dalam hal penciuman aroma.

Profesor Lent Roberto dari Institite of Biomedical Science di Federal University of Rio de Jeneiro menemukan sebuah bukti biologis pada wanita dan pria yang di faktori oleh perbedaan gender. Perbedaan ini tak hanya mempengaruhi cara wanita menerima bau, tapi juga mempengaruhi persepsi wanita dalam menerima paparan bau tersebut.

Terhadap kemampuan kognitif dan emosional, wnaita juga lebih unggul dalam menerima paparan bau. Hasil ini didapatkan oleh peneliti setelah melakukan penelitian terhadap otak tujuh pria dan 11 wanita yang berusia 55 tahun namun sudah meninggal.

Wanita memiliki banyak sel difaktori sejak mereka lahir. Hal ini memberikan kemampuan sensitivitas yang tinggi pada wanita dalam menerima bau. Sel difaktori ini juga diyakini penting dalam proses reproduksi wanita dan pembentukan ikatan terhadap pasangan.

Indera penciuman sangatlah penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Apalagi ketika suatu pekerjaan menuntut untuk menggunakan indera penciuman yang lebih sering daripada biasanya. Tuhan telah menciptakan manusia lengkap dengan indera penciuman yang sempurna. Alangkah baiknya jika kita selalu menjaga kesehatan hidung dan organ tubuh lainnya agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Terapkan pola hidup sehat dan makan-makanan yang bergizi setiap hari agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.(dea)