Sudah bukan hal tabu lagi jika kaum pria selalu merokok di setiap kesempatan. Walaupun mereka sebenarnya tahu bahwa rokok dapat menyebabkan dampak buruk bagi dirinya. Meski begitu, di luar sana masih ada orang yang peduli akan kesehatan dirinya dan bertekad untuk stop merokok.

Salah satunya adalah personel Slank, Bimbim. Bila menilik kebelakang, sosok Bimbim di masa lalu sangat lekat dengan rokok dan alkohol. Kini, dua hal itu bisa dihentikan Bimbim. Saat ini, Bimbim sudah stop merokok dan meminum alkohol. Lantas, bagaimana cara ia melakukan itu ya?

Rupanya, kebiasaan buruk Bimbim dirubah oleh sang buah hati bernama Una. “Waktu itu gue lagi di rumah, tiba-tiba anak gue Una bilang, `Pa, kata guru agama aku minum bir dosa’, padahal saat itu gue lagi megang bir,” ujar Bimbim, seperti dilansir Liputan6, Senin (10/11/2014).

Sontak, Bimbim pun dibuat bingung oleh pertanyaan sang anak. Ia pun pusing bagaimana akan menjawabnya. “Gue bingung jawabnya. Gue bilang saja kalau minum bir nggak mabok, nggak dosa,” lanjut Bimbim.

Setelah di pikir-pikir lagi, obrolan dirinya dan sang anak menyadarkan Bimbim. Alhasil, drummer ini pun memilih berhenti merokok dan minum alkohol.

“Dia itu (Una) masih umur 5 tahun. tapi dari situ juga akhirnya gue berhenti minum bir sampai sekarang,” tandas Bimbim.

Ternyata, upaya Una supaya Bimbim berhenti dari kebiasaan buruknya tak berhenti sampai situ saja. Una menginginkan agar sang ayah berhenti merokok hingga seterusnya. Untuk itulah, si kecil senantiasa menuliskan peringatan bahaya merokok.

“Tiap hari dia nulis di korek gue, `papa nggak boleh ngerokok, di surga nggak ada yang ngerokok`. Tapi berhasil sih, sekarng gue sudah nggak merokok,” ucap Bimbim.

Untuk mengucapkan terima kasih atas celoteh anak tercintanya, Bimbim pun menciptakan satu lagu khusus berjudul Indonesiakan Una. “Ada tiga wanita yang gue cintai, mereka adalah nyokap, istri, dan anak gue Una,” tutup Bimbim.

(nha)