Salah satu hal yang kerap membuat orang menjadi malu adalah kecenderungan memiliki keringat yang berlebih. Bayangkan saja, dalam kondisi yang agak gerah, panas, berdebar, takut, tergesa-gesa, dan berbagai kondisi lain yang dapat memicu terjadinya ketidakstabilan emosi, kita akan mengeluarkan keringat berlebih. Belum lagi jika kita merasakan kondisi tersebut saat berada di hadapan banyak orang.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya sebagai salah seorang yang kerap mengalami munculnya keringat berlebih, Anda bisa mencoba untuk memahami beberapa tips jitu hadapi keringat berlebih agar Anda tak merasa kewalahan jika hal tersebut tiba-tiba saja terjadi. Berikut tipsnya seperti dilansir dari Segi Empat, Senin (10/11/2014).

1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Salah satu trik jitu menghadapi keringat berlebih adalah dengan memperhatikan betul asupan makanan yang Anda konsumsi. Karena menurut beberapa penelitian, beberapa makanan ternyata cenderung berpotensi meningkatkan produksi keringat di dalam tubuh kita. Contoh kecilnya adalah cabai yang diolah menjadi sambal atau campuran bumbu masakan yang pedas. Makanan tersebut dapat menjadikan suhu tubuh lebih panas dan merangsang kulit untuk memproduksi hasil eksresi berupa keringat lebih banyak dari biasanya.

2. Kurangi Terlalu Banyak Terkena Sinar Matahari Langsung

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi keringat berlebih adalah dengan mengurangi aktivitas terkena sinar matahari secara langsung. Ingat, bukan menghindarinya secara total sebab sinar matahari juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh terutama pada pagi hari. Yang dimaksudkan di sini adalah mengurangi aktivitas yang padat pada siang hari. Sebab hal tersebut sangat ampuh mengurangi munculnya keringat yang berlebih.

3. Membawa Perlengkapan

Sebagai orang yang kerap mengalami munculnya keringat berlebih, Anda harus benar-benar membawa perlengkapan yang dapat membuat Anda dapat mengatasi hal tersebut. Misalnya saja dengan membawa handuk kecil yang praktis kapan pun dan kemana pun Anda beraktivitas. Sebab bisa saja keringat berlebih tersebut muncul dengan tiba-tiba, terutama saat Anda memiliki segudang aktivitas berlebih. Selain itu disarankan juga untuk membawa deodorant.

4. Gunakan Treatment Sendiri

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi keringat berlebih adalah dengan melakukan treatment sendiri. Misalnya saja dengan mandi atau mendengarkan musik dengan bersantai. Sebab, kondisi stress, takut, khawatir, bingung, bad mood, bahkan tergesa-gesa dapat menyebabkan munculnya keringat yang berlebihan. (tom)