Selama ini banyak penelitian yang mengungkapkan banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berolahraga. Dengan berolahraga, seseorang bisa menjadi lebih sehat, berat badan terjada, meningkatkan mood, hingga mengontrol fungsi tubuh. Salah satu olahraga yang juga memberikan manfaat banyak bagi tubuh adalah angkat beban.

Dikutip dariĀ Daily Health Post (Selasa, 11/11/2014), penelitian terbaru yang dilakukan oleh Georgia Tech mengungkap seseorang yang melakukan olahraga angkat beban maka kemampuan daya ingatnya akan semakin baik. Selain itu juga bisa mengtasi tekanan fisik dan psikis, dan mampu menghilangkan stres akut pada manusia.

Penelitian tersebut dilakukan pada dua kelompok. Hasilnya, kelompok yang melakukan angkat beban selama 20 menit setiap hari mampu membantu meningkatkan kemampuan mengingat dan juga meredam stres yang berkepanjangan.

Angkat beban baik untuk mencegah osteoporosis. Selain itu juga baik untuk menjaga ketebalan tulang dan membuat otot jadi lebih kuat dan kekar. Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari angkat beban adalah menurunkan berat bada, membakar lebih banyak lemak pada tubuh, meningkatkan keseimbangan, menurunkan rasa cemas, memperbaiki postur tubuh, meredakan nyeri, membuat jantung lebih sehat, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Mulailah dari sekarang untuk rajin berolahraga dari sekarang untuk kesehatan yang lebih baik kini dan nanti. Jangan terpaku di depan layar komputer saja. Tubuh juga butuh banyak gerak agar fungsi badan bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Olahraga tidak melulu harus pergi ke gym. Anda pun bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, skipping, main basket, atau senam lantai.

Selain menjaga kesehatan, olahraga juga mampu menghindarkan orang dari berbagai penyakit serius. Menurut perkataan dokter, tubuh setidaknya harus merasakan gerak selama 20 menit agar selalu sehat dan ceria.(dea)