Kemarin, Selasa (11/11), grup musik Endank Soekamti akhirnya merilis album baru berrajuk Kolaborate. Seperti judulnya, Endank Soekamti menggandeng banyak musisi Tanah Air untuk bernyanyi bersama di album teranyarnya itu.

Diketahui, Kolaborate adalah album Endank Soekamti yang berisikan 14 lagu hasil kolaborasi dengan musisi-musisi Indonesia di antaranya Gigi, Slank, Didi Kempot, Naif, CJR, Cherry Belle, Dewa 19, Pongki Barata, Pure Saturday, Es Nanas bahkan komedian stand up Kemal Palevi dan lain sebagainya.

Salah satu personelnya, Erik mengaku kolaborasi dengan banyak penyanyi tergolong sulit dilakukan. Namun, mereka berusaha agar proyek duetnya itu sukses.

“Ya bisa dibilang dalam ‘Kolaborasoe’ ini merupakan hal baru pertama dan selama ini sangat sulit dilakukan band lainnya,” kata Erik, seperti dilansir WowKeren, Rabu (12/11/2014)

Lebih lanjut Erik menjelaskan kenapa alasan ia dan kawan-kawan memilih nama Kolaborate sebagai judul album.

“Bukan tanpa alasan kami memilih kata ‘Kolaborasoe’ ini, karena kami memilih beberapa genre musik dijadikan satu dimana kami merasa musik merupakan hal yang universal. Di album ini bisa lebih efektif ,inovatif dan inspiratif.” sambung Erik

Tak hanya meluncurkan album, grup band asal kota Yogyakarta ini pun merilis sebuah buku berjudul Angka 8.

“Setelah kita lepas dari label, kita coba lebih kreatrif dalam album kita. Kayak bikin bookset yang berisikan cd , t-shirt, cincin dan buku. Selain itu pengen orang yang belum kenal Endank Soekamti bisa kenal,” imbuh Erik

Di bawah ini adalah daftar lengkap 14 lagu yang terdapat di album ‘Kolaborasoe’

1. Heavy Birthday – Sapo Jarwo
2. Luar Biasa – Kemal Palevi
3. Benci Untuk Mencinta – NAIF
4. Kunang-Kunang – Esnanas
5. Parangtritis – Didi Kempot
6. Pandangi Langit Malam Ini – Pongky Barata
7. Anyer 10 Maret – Slank
8. Dilema – Cherrybelle
9. Cintailah Mereka – GIGI
10. Eaaa – CJR
11. Kosong – Pure Saturday
12. Tak Akan Ada Cinta yang Lain – Dewa19
13. Masa Kecil – Tom Kill Jerry
14. Syubidu – Sapo Jarwo

(nha)