Usir Rasa Galau? Dengar Lagu Cinta Saja


Semua orang di dunia ini pastinya pernah merasakan sakit hati, sedih, ataupun galau. Biasanya, mereka yang mengalami kondisi semacam itu hanya bisa bermurung diri di kamar ataupun menangis setiap hari. Nah, kini Anda bisa mencoba usir rasa galau tersebut dengan cara ampuh yang satu ini.

Dengar lagu cinta diklaim sebagai obat mujarab untuk mengusir kegalauan hati. Pasalnya, menurut penelitian, mendengar lagu bertemakan cinta ini dapat membantu menaikkan mood jadi lebih baik.

Saat Anda dengar musik bertema sedih, Anda akan merasakan lebih dari tiga jenis emosi yang akan memancing reaksi lebih kompleks ketimbang musik bernuansa ceria.

Liila Taruffi dan Stefan Koelsch, selaku peneliti khusus musik dan otak dari Free University di Berlin sudah melakukan pengamatan kepada 722 orang untuk menanyakan seberapa sering mereka mendengarkan lagu sedih dan apa yang mereka rasakan saat itu juga.

Hasilnya, sebagian besar orang mendengarkan lagu sedih bisa menimbulkan efek positif. Peneliti menyatakan bahwa musik sedih memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental.

“Penelitian menunjukkan ada empat hal yang muncul dalam emosi seseorang ketika mendengarkan musik sedih: imajinasi, kemampuan mengatur emosi yang lebih baik, empati dan nostalgia,” tulis hasil penelitian itu.

Selain itu, penelitian ini menjelaskan alasan lagu sedih banyak didengar orang yang sedang galau. Pasalnya, lagu sedih bisa mengusir mood negatif dan menggantinya dengan perasaan yang lebih tenang. Pada intinya, mendengarkan musik menjadi titik aman untuk meredam emosional seseorang ketika berada dalam kondisi tak stabil.

Tak ada salahnya memang bersedih, namun sebaiknya Anda harus mencoba bangkit dari kesedihan itu. Jangan sampai rasa sedih yang Anda rasakan menimbulkan efek negatif dalam diri seperti malas makan, malas melakukan kegiatan apapun. (nha)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak