Neraka merupakan satu tempat yang paling tidak diinginkan oleh semua orang di seluruh dunia. Namun di Thailand, ada sebuah taman wisata yang konsepnya sengaja dibuat semirip mungkin dengan gambaran neraka menurut kepercayaan agama Buddha. Seperti apa taman tersebut?

Taman yang dibuat mirip dengan neraka tersebut adalah The Wang Saen Suk Hell Garden. Taman yang terletak di Chonburi, Bangkok dan dipenuhi berbagai patung seperti manusia dan menggambarkan suasana neraka dari ajaran Buddha ini malah tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada saat hari libur.

Dengan konsepnya yang unik, taman ini telah menarik minat wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini datang bersama dengan keluarganya. Dilansir dari Yukpegi, Kamis (13/11/2014), di gerbang utama, Anda akan melihat sebuah tulisan yang artinya â??Selamat Datang di Nerakaâ?? yang menjadi pintu masuk taman ini. Selanjutnya, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai adegan rekayasa seperti orang yang sedang menjalani hukuman di neraka.

Di sini, wisatawan dapat melihat semua jenis hukuman untuk manusia yang berdosa. Salah satu contohnya ada patung mirip manusia yang direbus di dalam sebuah kuali berlapis tembaga dan manusia yang dicabik-cabik anjing neraka. Ada juga patung mirip manusia yang sangat kurus sampai tulang rusuknya terlihat.

Selain itu, pengunjung di sini juga akan melihat ada banyak kutipan-kutipan kalimat untuk mengingatkan manusia agar melakukan perbuatan baik selama di dunia. Umat Buddha percaya bahwa amal baik dan amal buruk manusia selama hidup di dunia akan dicatat. Bila dosa yang dilakukan manusia lebih banyak dari perbuatan baik, maka orang tersebut akan masuk ke neraka. Demikian pula sebaliknya, bila perbuatan baik lebih banyak, maka orang akan masuk ke surga. Hukuman manusia di neraka Buddha sangat beragam, tergantung dengan tingkat dosa yang dilakukan.

Berbeda dengan agama Islam. neraka dalam ajaran Buddha mempunyai 136 lubang yang sangat kejam. Salah satunya adalah lubang Loganta. Lubang ini merupakan lubang khusus untuk para manusia yang telah melakukan kesalahan besar kepada orang tuanya. Namun manusia yang telah melalui hukuman di neraka itu akan bisa terlahir kembali.

Tertarik dan berani mengunjungi taman neraka ini? (tom)