Di Indonesia, ada beberapa legenda yang bercerita tentang makhluk jadi-jadian, sebut saja legenda parakang dari Sulawesi atau legenda kuyang yang berasal dari tanah borneo Kalimantan. Tak hanya di Indonesia, di Jepang juga ternyata ada legenda mengerikan tentang makhluk jadi-jadian. Makhluk mengerikan di Jepang itu bernama Gozu.

Legenda Gozu bisa dikatakan sebagai legenda paling mengerikan di Jepang. Bahkan konon tidak banyak orang yang berani bercerita tentang kisah Gozu. Dilansir dari Segi Empat, Kamis (13/11/2014), berdasarkan legenda yang dipercaya oleh sebagian besar kalangan masyarakat Jepang, Gozu adalah manusia yang telah bersekutu dengan makhluk gaib.

Namun ada beberapa kalangan yang justru percaya bahwa Gozu merupakan hantu penjaga gerbang alam baka dalam keyakinan masyarakat di jaman dulu. Konon gozu memiliki bentuk setengah manusia dan setengah sapi, atau lebih tepatnya makhluk berbadan manusia dan berkepala sapi. Menurut legenda kisah gozu sudah ada sejak abad ke 17 yang lalu dan sampai sekarang kisahnya masih menjadi misteri.

Ilustrasi Gozu
Ilustrasi Gozu

Saking menyeramkannya legenda tentang Gozu, kaisar Jepang pun sempat dibuat takut dan kemudian memerintahkan untuk membakar semua catatan tentang makhluk legendaris yang satu ini. Hal tersebut diakukan karena legendanya meresahkan masyarakat, terlebih setelah ada beberapa orang korban yang tewas ketakutan.

Berdasarkan legenda siapa saja yang berani bercerita tentang Gozu maka orang tersebut akan mendapatkan teror yang sangat mengerikan, bahkan konon teror tersebut tidak akan berhenti sampai orang itu meninggal. Ada beberapa versi kisah yang meceritakan tentang legenda makhluk ini, ada yang menyebutkan kalau Gozu itu baik, ada pula yang mengatakan kalau dia mengerikan. Salah satunya adalah kisah seorang wanita yang bernama Oksana.

Suatu malam Oksana terbangun karena mendengar suara ketukan di pintu rumahnya. Awalnya, saat pertama kali membuka pintu Oksana tidak melihat satu orang pun yang mengetuk pintunya, karena hal tersebut ia pun hanya menganggap jika ketukan itu hanya sebuah ulah pemabuk yang mencoba mengganggunya. Namun, saat ia kembali ke dalam rumah pintunya kembali diketuk, tapi kali ini ia berhasil menemukan sosok yang mengetuk pintunya. Namun yang mengetuk itu bukan manusia, karena saat membuka pintu Oksana hanya melihat satu sosok kepala sapi tanpa badan yang melayang tepat di depan kepalanya.

Entah apa yang terjadi, ditengah perasaan takut Okana justru mempersilahkan sosok tersebut masuk ke rumahnya. Bahkan menurut legenda Oksana pun menjamunya dengan sangat baik, mulai dari memberinya makan hingga memberi selimut. Tapi saat pagi hari ia kembali terkejut karena ia tidak menemukan kepala sapi tersebut di dalam rumahnya, yang ada ia hanya menemukan bongkahan emas dan tumpukan berlian dalam selimut yang ia beri sebelumnya.

Sementara cerita versi lainnya adalah konon suatu hari sekelompok murid sedang berlibur bersama gurunya. Dalam perjalanan guru mereka terus menceritakan kisah mengerikan kepada muridnya, salah satu kisah yang ia ceritakan adalah kisah teror yang dialami oleh sekelompok manusia dari makhluk gozu. Kala itu berdasarkan legenda yang beredar murid-muridnya pun sudah meminta guru mereka untuk berhenti, namun entah mengapa guru mereka seolah tidak bisa menghentikannya dan saat itu pula konon guru mereka terlihat dirasuki oleh satu sosok makhluk gaib.

Matanya tiba-tiba berubah menjadi putih dan lidahnya yang terus menjulur keluar. Tidak ada keterangan yang pasti terkait kejadian tersebut namun menurut sumber saat guru tersebut sadar ia melihat semua muridnya pingsan termasuk supir bus sementara bus yang ia kendarai berada di dasar jurang.

Tidak banyak kisah yang bisa membenarkan tentang kebenaran legenda Gozu, tapi bagaimanapun legenda ini termasuk merupakan legenda yang sangat tabu untuk dibicarakan. (tom)