Jika berkunjung ke kota Bogor, kurang lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh berupa asinan. Ya, asinan adalah makanan khas kota Bogor yang selalu disukai oleh masyarakat. Tak sulit mencari asinan di kota ini, Anda juga bisa datang ke tempat bernama Asinan Sedap Gedung Dalam.

Di sini menjual aneka asinan yang bisa Anda pilih sendiri sesuai keinginan. Monik selaku pemilik Asinan Sedap Gedung Dalam ini mengatakan, tempat usahanya sudah berdiri sejak 36 tahun silam. Hingga sekarang, para pengunjung masih tetap ramai membeli barang dagangannya.  “Tanggal 10 November tahun ini, kami genap 36 tahun,” kata Monik, seperti dilansir Kompas, Kamis (13/11/2014)

Asinan khas kota bogor ini terbagi 2 macam yakni asinan buah dan asinan sayur. Asinan buah terdiri dari potongan buah-buahan yang direndam dengan air gula seperti pepaya, kedondong, bengkoang, jambu, ubi, salak dan beberapa buah lainnya. “Semua buahnya lokal, nggak ada yang impor. Jadi segar. Nih coba deh,” paparnya

Sedangkan, asinan sayur terdiri dari campuran sayur segar tanpa direndam dengan air apapun seperti kol, timun, wortel, dan toge. â??Kuahnya campuran cabe merah bukan pewarna,” kata Monik.

Cita rasa dari asinan ini pun sangat segar dan manis. “Gulanya gula pasir biasa. Bukan gula biang. Yang penting tanpa pengawet. Kalau bahannya jelek hasilnya nggak akan segar,” tambahnya

Tempat usaha milik Monik berloksi di kawasan Sukasari, Bogor. â??Rasa tidak akan bohong. Pembeli pasti akan mencari yang paling enak dan asli. Kalau asinan ya kesini,” tandas Monik.

Untuk harga relatif murah yakni Rp 19.000 untuk satu plastik asinan buah dan sayur. Sedangkan, untuk kuah campuran kacang Rp 22.000. “Sekarang nyari buah susah. Dulu sih gampang. Tanah di kampung-kampung sudah banyak yang jadi perumahan sih. Makanya, harusnya pemerintah menggalakkan lagi menanam buah lokalâ?. tutup Monik.

(nha)