Jika Anda saat ini berencana untuk liburan dengan membawa kendaraan pribadi entah itu motor maupun mobil, maka sebaiknya Anda membaca beberapa tips berikut ini supaya perjalanan yang dilakukan dapat berjalan dengan nyaman dan aman. Tips dikutip dari Yukpegi, Jumat (14/11/2014).

1. Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum Anda berangkat berlibur, khususnya jika jarak yang ditempuh cukup jauh tentu memeriksa kendaraan adalah hal yang wajib. Bagian mobil yang wajib untuk diperiksa salah satunya adalah rem. Ini adalah bagian vital kendaraan yang wajib diperiksa supaya dapat berfungsi secara maksimal. Selanjutnya, periksa ban kendaraan mulai dari tekanan ban dan keadaan ban yang masih mempunyai kembang supaya tidak tergelincir. Pastikan pula lampu kendaraan berfungsi dengan normal. Lampu sangat penting di malam hari atau saat melewati jalanan yang gelap.

2. Bawa Makanan dan Minuman

Perjalanan yang jauh tentu akan memerlukan waktu yang lama. Bawalah minuman dan makanan seperlunya supaya tidak kelaparan di jalan dan untuk menjaga agar keadaan tetap prima, khususnya jika Anda akan melintasi jalan yang jarang terdapat penjual makanan atau tak tahu apakah makanan yang dijual di sana sehat atau tidak.

3. Bawa Obat

Bawalah kotak P3K yang berisi beberapa obat-obatan standar seperti obat pusing, obat demam, sakit perut, dan obat luka luar serta plester. Sementara jika ada anggota keluarga yang wajib minum oba secara rutin sebaiknya diingatkan supaya obatnya tidak ketinggalan. Letakkan obat- obatan tersebut di tempat yang dapat diambil dengan cepat saat dibutuhkan.

4. Siapkan Kondisi Fisik

Kondisi fisik yang sehat sangat penting supaya bisa menikmati perjalanan liburan dengan nyaman, khususnya pengemudi. Keadaan fisik pengemudi akan mempengaruhi keselamatan semua penumpang. Pastikan supaya Anda beristirahat cukup pada malam hari sebelum perjalanan. Rasa lelah  dan kantuk akan membuat pengemudi lebih lambat bereaksi. Bagi pengemudi, jika Anda merasa mengantuk saat perjalanan, sebaiknya segera beristirahat dan jangan memaksa untuk melanjutkan perjalanan. Jangan menganggap masalah ini dapat diatasi dengan secangkir kopi maupun minuman berenergi, karena hal tersebut sebenarnya tidak berpengaruh.

5. Taati Aturan Lalu Lintas

Tips wisata yang terakhir, hindari melanggar rambu lalu lintas karena hal ini dapat merenggut nyawa. Pakailah sabuk pengaman dalam perjalanan. Pastikan pula Anda menjaga jarak aman dengan pengendara lain supaya terhindar dari kecelakaan beruntun. Jangan menerima telepon maupun melakukan aktivitas lain saat mengemudi. (tom)