Bakmi Jawa Mbah Mo, Enaknya Juara

Sedang mencari bakmi Jawa yang rasanya enak? Maka Anda bisa mencoba untuk mengunjungi Bakmi Mbah Mo yang terletak di Bantul.

Bakmi Mbah Mo bisa dibilang merupakan bakmi Jawa terenak yang pernah ada. Perpaduan antara bahan serta bumbu yang digunakan menghadirkan satu harmoni rasa yang sulit dijumpai di bakmi Jawa manapun. Tampilannya juga agak berbeda dengan kebanyakan menu serupa. Bakmi gorengnya nampak lebih kesat, tidak berminyak atau basah, dengan suwiran daging ayam kampung dan bulir-bulir kecil telur yang melapisi sekujur mie.

Kuah dari bakmi godog atau bakmi rebusnya sepintas terlihat creamy, seperti menggunakan santan. Tapi sesungguhnya kuah kental tersebut merupakan hasil perpaduan dari aneka bumbu, kuah kaldu, dan telur bebek. Tingkat kematangan mie-nya pas, tidak terlalu lembek. Warna Bakmi Mbah Mo juga terlihat pucat karena tidak menggunakan kecap. Meski begitu, penampilannya tetap menggoda dan rasanya pun menawan.

Dilansir dari Kabar Kuliner, Jumat (14/11/2014), berbeda dengan umumnya bakmi Jawa yang mempunyai citarasa sedikit manis karena tambahan kecap, Bakmi Mbah Mo lebih didominasi rasa asin-gurih. Bumbu yang digunakan sebenarnya tidak ada yang khusus, antara lain ada bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, dan cabai. Namun penggunaan bahan pilihan seperti ayam kampung dan telur bebek bisa menghadirkan citarasa bakmi Jawa yang istimewa.

Untuk bahan mie-nya, Bakmi Mbah Mo menggunakan mie telur berbentuk bulat dengan diameter kecil, nyaris seperti mie instan. Di tempat lain, biasanya mie yang digunakan berbentuk gepeng. Bahan tambahannya berupa kol, daun bawang, daun seledri, dan tentunya taburan bawang merah goreng.

Cara memasak yang masih tradisional juga turut andil dalam memberi sentuhan khas pada Bakmi Mbah Mo. Bakmi dimasak di atas anglo, semacam kompor tradisional berbahan bakar arang. Tiap pesanan dimasak satu per satu, tidak berbarengan, sehingga rasa bakmi di tiap porsi bisa selalu terkontrol dengan baik. Konsekuensinya, pembeli harus rela menunggu pesanan agak lama, terlebih lagi bila antrean sedang banyak.

Bagi para pecinta bakmi Jawa, tak lengkap rasanya jika belum bersantap Bakmi Mbah Mo saat berkunjung ke Yogyakarta. Bakmi Jawa legendaris ini lokasinya memang agak terpencil di Desa Code, Bantul. Tapi toh itu tak menyurutkan langkah orang untuk tetap memburunya. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Ucapkan Selamat, Netizen Buat Hastag #GubernurAhok di Twitter

Survei: 1 dari 7 Orang Belum Pernah Ketemu Saat Pacaran