Siapa di dunia ini yang tak kenal dengan kopi? Ini adalah minuman yang banyak digemari oleh sebagian orang di dunia. Saat ini, kopi telah diracik dengan beragam variasi, misalnya kopi mocca, kopi luwak, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri kopi menjadi minuman favorit masyarakat Tanah Air. Jika Anda ingin menyeruput kopi, Anda bisa membuat sendiri ataupun pergi ke coffee shop yang telah bermunculan dimana-mana. Salah satu coffee shop yang terkenal di Indonesia adalah Buun Koeffie.

Ini adalah kedai kopi yang terletak di kota Yogyakarta. Fajar Adi Winarko selaku sang pemilik kedai mengatakan, ia membangun tempat usaha ini untuk memberikan kopi yang berkualitas kepada masyarakat dengan harga yang murah.

Konsep dari Buun Koeffie adalah berjualan menggunakan gerobak layaknya kaki lima, tetapi kualitas kopi yang dijual sesuai standar coffee shop.

Ternyata, Fajar yang dibantu tiga sahabatnya dalam menjalankan usaha tersebut punya kebun kopi sendiri seluas sembilan hektar di daerah Bogor, Jawa Barat.

“Kami menanam sendiri jenis kopi robusta secara organik, dan kami beri nama Sunda Surlili. Dari setiap satu ton kopi hasil panen, kami sortir menjadi 80 kilogram kopi terbaik dan itu yang kami gunakan di kedai kami yang ada di sini dan di Bekasi,” ujar Fajar, seperti dilansir Kompas, Jumat (14/11/2014)

Di kedai milik Fajar juga tersedia kopi Luwak Liberika. Menurut Fajar, ini adalah jenis kopi yang keberadaannya sangat langka di Indonesia.

“Kopi jenis ini diperoleh dari daerah Jambi, dan kopi luwak ini dihasilkan dari luwak liar. Sekarang kopi jenis Liberika hanya ditemukan di daerah Kalimantan dan Jambi,” lanjut Fajar.

Fajar menjual kopi luwak Liberika seharga Rp 50.000 per cangkir. Fajar mengatakan, harga kopi luwak Liberika yang ia jual tergolong lebih murah daripada kopi luwak Liberika yang dijajakan di hotel maupun di coffee shop lain.

(nha)