Wanita bernama Park Jee-Young disebut sebagai pahlawan lantaran aksi beraninya dalam menolong korban kecelakaan kapal Sewol di Korea Selatan.

Walaupun ia seorang perempuan, namun ia sangat memiliki keberanian yang tak kalah dengan kaum pria. Peristiwa naas ini terjadi pada 16 April 2014 silam. Sebuah kapal Sewol Korea Selatan yang hendak menuju Incheong-Pulau Jeju harus mengalami kecelakaan. Kapal itu diketahui mengangkut sebanyak 476 penumpang.

Akibat kecelakaan itu, kapal pun terbalik usai menabrak sebuah karang. Para penumpang pun berteriak ketakuan melihat kejadian tersebut.

Tak sedikit penumpang yang merintih meminta pertolongan. Park yang merupakan bagian dari awak kapal pun merasa bertanggung jawab atas keselamatan para penumpang. Alhasil, ia pun langsung melakukan aksi heroiknya demi menyelamatkan nyawa seluruh penumpang kapal.

Park pun langsung mengeluarkan beberapa penumpang ada didekatnya untuk diarahkan ke luar kapal. Dalam upanya mengeluarkan penumpang, Park mendorong dan menarik tubuh para penumpangnya. Kapal yang tenggelam pun seketika menenggelamkan tubuh orang yang ada di sana. Tak tinggal diam, Park pun memberikan pelampung penyelamatan yang ia gunakan pada seorang wanita yang berusia 58 tahun.

“Mengapa kau berikan ini padaku?”, tanya Kim Jong-hwang (penumpang perempuan).

“Ini bagian dari tugas dan tanggung jawabku, Aku bersama kru dan awak kapal lainnya akan menjadi orang terakhir yang keluar dari kapal ini. Pakailah!,” ungkap Park.

Selain wanita tua yang berhasil selamat, seorang mahasiswa bernama Jeong Cha-woong juga bisa bernafas lega lantaran terbebas dari maut. Jeong pun mengucapkan terima kasih kepada Park karena sudah berhasil menyelamatkan dirinya.

Sayangnya, Park yang berani harus meninggal di tempat kejadian. Demi menyelamatkan orang lain, Park rela mempertaruhkan nyawanya sendiri. Jenazah Park kala itu langsung dilarikan ke rumah sakit. Sang ibu begitu tersedu-sedu saat melihat anaknya terbujur kaku tak berdaya. Menurut sang bunda, Park adalah buah hatinya yang penurut dan bertangung jawab kepada keluarga.

Hingga kini, sosok Park selalu dikenang oleh semua penumpang kapal Sewol dan pihak keluarga. Sungguh cerita yang sangat mengharukan ya JBers. Semoga Park mendapatkan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Amin. (nha)