Gene Simmons, sang vokalis sekaligus pemain bass dari band KISS, mengatakan bahwa saat ini musik rock telah mati.

“Musik rock tidak mati di ‘usia yang lanjut” tetapi ‘dibunuh’. Beberapa musisi rock yang hebat, entah dimana, mungkin pernah berjaya, tapi sekarang tidak lagi. Semakin sulit untuk mencari uang dengan manggung dan mencipta lagu. Tak akan ada yang mau membayarmu,” ujar Simmons, yang diwawancarai anaknya Nick, lewat Esquire Magazine.

Simmons menjelaskan soal file-sharing dan beberapa isu lainnya, membuat label rekaman tak lagi mendukung musik rock. Tak seperti ketika KISS muncul pertama kali. “Inilah yang menyebabkan Rock akhirnya mati,” pungkas Simmons.

Menanggapi pernyataan dari Gene Simmons tersebut, sang legenda gitar Slash pun angkat bicara.

Slash mengatakan bahwa banyak hal telah terjadi dalam kurun dua puluh tahun terakhir, yang secara keseluruhan sangat berpengaruh pada peta industri musik saat ini.

“Kupikir file-sharing bukanlah sebab utama dari terpuruknya nasib musik rock,” ujar Slash seperti dilansir dari The Irish Time, Minggu (16/11/2014).

“Jika mereka (label rekaman) tidak ingin menghabiskan uang untuk band dan artis yang tidak mengusung musik ‘populer’, itu lebih karena setiap perusahaan rekaman kini telah ‘ditelan’ oleh perusahaan konglomerat besar. Mereka hanya ingin memusatkan perhatian pada musik yang paling banyak menghasilkan uang,” imbuh Slash.

Beberapa label indie masih mendukung band-band rock yang hebat.”Aku merasa tertantang dengan keadaan ini, karena memaksa kita untuk benar-benar meyakini jalur yang kita ambil untuk mengekspresikan diri, yaitu dalam format rock n’ roll. Jika melihat apresiasi penonton di setiap konser, aku kira tak ada yang berubah,” ujarnya.

Untuk terus bertahan, musik rock membutuhkan pergerakan baru dan musisi-musisi yang benar-benar berkomitmen, membuat gebrakan, dan tak peduli bila mereka akan sukses atau tidak.

“Kau tahu, aku tidak pernah masuk ke dunia musik untuk semua ini (kesuksesan). Aku hanya belajar gitar dan membuat band. Jika anda terjun ke dunia musik untuk ketenaran dan kekayaan, maka musik anda akan kehilangan integritasnya. Anda perlu mempelajari instrumen dengan baik dan belajar menulis musik. Chemistry akan datang dari sana,” jelas Slash. (tom)