Banyak orang menyangka kalau banyak tidur maka tidak bisa mendapatkan rezeki atau gaji. Hal itu terbukti salah. Pasalnya ada seorang pria yang digaji tinggi hanya untuk tidur.

Bekerja di NASA saja sudah seperti mimpi, apalagi pekerjaannya hanya tidur-tiduran. Hal itulah yang dilakukan pria bernama Andrew Iwanicki. NASA bahkan membayarnya sangat mahal untuk pekerjaan tidurnya itu.

Pekerjaan unik Andrew itu diawali ketika ia kehilangan pekerjaan pada Agustus lalu. Hari berikutnya, ia menerima tawaran NASA untuk bergabung dalam sebuah penelitian. Penelitian tersebut mengharuskan Andrew untuk berbaring di tempat tidur selama 3 bulan dengan imbalan uang yang jika dirupiahkan akan menjadi sebesar Rp 219 juta.

Penelitian yang dilakukan oleh NASA selama 3 tahun itu bernama CFT 70. Gunanya untuk mempelajari mengenai tulang dan otot atrofi di ruang angkasa. Sejauh ini, tim peneliti NASA telah mempelajari 54 orang dan Andrew merupakan peserta terakhir.

Andrew menjelaskan bahwa tempat tidurnya berada di NASA Flight Analog Research Unit di Houston, Texas. Meski hanya tidur namun pekerjaan tidaklah semudah yang dibayangkan. “Aku sudah berada di tempat tidur ini selama 3 minggu, dan akan berada di sini untuk 7 minggu lagi,” ujar Andrew seperti dilansir dari Vice, Sabtu (15/11/2014).

Sebelumnya, Andrew memalui masa pra-bed test terlebih dahulu. Andrew harus membiasakan diri dengan rutinitas barunya dan asupan makanan yang akan diterimanya selama menjalani penelitian. Ia juga harus menjalani sejumlah scan tubuh, tes fisik, tes darah, dan tes urin.

Kini, Andrew berbaring dalam kemiringan pada sudut enam derajat, yang menurutnya sangat tidak nyaman. Meskipun sudah berbaring setenang mungkin, Andrew masih merasakan nyeri di punggungnya. “Setiap kali aku berbalik atau mengejang, aku meluncur ke arah kepala ranjang,” keluhnya.

Andrew menyadari bahwa setiap orang yang berpartisipasi dalam penelitian ini pasti memiliki alasan tersendiri. Seperti ibu hamil yang berada tak jauh dari tempatnya, ia ingin mendapatkan uang ekstra sebelum proses persalinannya. (tom)