India ternyata tak cuma punya satu Taj Mahal. Bangunan terkenal yang disebut-sebut sebagai salah satu bangunan termegah yang pernah dibuat manusia itu punya kembaran yang juga terletak di India. Bibi Ka Maqbara namanya.

Dilansir dari Amusing Planet, Sabtu (15/11/2014), tiruan Taj Mahal ini terletak di Aurangabad, Maharashtra, Dataran Tinggi Dekan. Ia dibuat pada era yang sama, berdasar gagasan penguasa dari dinasti yang sama, dan dengan arsitektur yang nyaris serupa dengan Taj Mahal.

Bagian dalamnya juga difungsikan sebagai kuburan istri seorang raja. Kalau Taj Mahal dipersembahkan oleh Shah Jahan, raja Dinasti Mughal kepada istri kesayangannya Mumtaz Mahal, maka Bibi Ka Maqbara dibuat oleh cucunya, Pangeran Azam Shah untuk mendiang ibunya, Ratu Dilras Banu.

Perbandingan Taj Mahal dengan
Perbandingan Taj Mahal dengan Bibi Ka Maqbara

Sekilas pandang, siapapun pasti mengira kalau Bibi Ka Maqbara yang disebut-sebut sebagai Taj-nya Dekan ini adalah Taj Mahal. Hanya saja jika diperhatikan lagi bangunan putih tersebut tampak tak secemerlang Taj Mahal. Kubah utamanya pun lebih kecil.

Azam Shah memang berniat untuk membuat bangunan yang mampu menandingi kemegahan Taj Mahal. Sayangnya ia tak mempunyai kekayaan sebesar leluhurnya itu. Karena itulah ia tak bisa membuat bangunan dengan bahan-bahan nomor satu. Dan bangunan ini ikut menjadi saksi lunturnya kejayaan Dinasti Mughal, sementara Taj Mahal justru menjadi penanda masa keemasannya.

Tak seperti Taj Mahal yang hampir keseluruhan bangunannya dibuat dari pualam berkualitas, hanya kubah utama Bibi Ka Maqbara saja yang terbuat dari pualam. Sekarang ini kondisinya pun bisa dibilang cukup malang, karena tak terlalu terawat dan dipenuhi lumut yang mengurangi kecantikannya.

Walaupun kemasyhurannya tak setara Taj Mahal, tetapi Bibi Ka Maqbara pun menjadi objek wisata terkenal di India. (tom)