Sate merupakan salah satu kuliner paling populer di Indonesia dan ragamnya sebenarnya cukup banyak, baik dari segi pengolahan maupun bahan baku yang digunakan. Ada yang menggunakan bahan daging ayam, kambing, sapi, maupun kerbau. Meski demikian, di Indonesia sepertinya tak ada yang bisa mengalahkan dominasi sate ayam dan kambing ala Madura

Apabila anda mulai bosan dengan jenis sate yang begitu-begitu saja, ada baiknya untuk mengeksplorasi jenis sate lain yang ada di Indonesia. Di Ungaran, Kabupaten Semarang, misalnya, ada satu kuliner bernama Sate Sapi Pak Kempleng yang sangat terkenal dan telah menjadi ikon dari kota kecil tersebut.

Seperti namanya, sate Pak Kempleng menggunakan bahan baku daging dan jeroan sapi. Berbeda dengan sate pada umumnya, daging dan jeroan direndam terlebih dulu di dalam racikan bumbu dengan campuran gula aren sebelum nantinya dibakar. Alhasil, bumbu akan lebih merasuk ke dalam daging/jeroan. Daging yang digunakan bukan sembarang tetelan, melainkan daging khas dalam dan lulur. Potongan-potongan daging/jeroan untuk sate pun jauh lebih besar dari yang umum dijumpai. Itulah kenapa Sate Sapi Pak Kempleng ini penampilannya terlihat premium.

Dilansir dari Kabar Kuliner, Minggu (16/11/2014), di rumah makan ini, pengunjung bebas memilih sendiri jenis sate yang diinginkan, ada sate daging, sate usus, sate hati, sate paru, dan sate kapur (dari lemak sapi). Nyaris tak ada bagian sapi yang terlewatkan.

Tak perlu menunggu lama, sate pesanan akan segera tersaji di meja berikut sepiring nasi putih atau lontong. Pendamping yang digunakan tak beda dengan sate Madura, yakni bumbu kacang kental yang disajikan terpisah berikut irisan cabai dan bawang merah.

Sate sapi sebenarnya bisa langsung disantap begitu saja karena sebelumnya sudah dibumbui. Namun rasa sate yang cenderung manis akan lebih seimbang ketika dicocol bumbu kacang yang gurih.  Jangan terkecoh dengan potongan dagingnya yang besar, karena ketika digigit teksturnya sangat empuk. Benar-benar hidangan yang istimewa. Tak hanya memanjakan lidah, porsinya yang besar juga bisa sangat memuaskan perut yang lapar.

Lokasi rumah makan Sate Sapi Pak Kempleng sangat mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Ungaran dan Semarang. Tempat makan ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam setiap harinya. (tom)