4 Tips Atasi Rasa Panik dan Cemas Berlebihan

Tentu saat Anda berada di momen bahagia tidak ada satu pun perasaan panik atau cemas menyelimuti Anda. Tapi saat Anda berada dimomen yang menegangkan maka perasaan cemas dan panik mulai melanda Anda. Hal tersebut terjadi karena perasaan takut Anda. Ketakutan Anda merupakan sumber terbesar yang mendorong Anda dilanda kepanikan dan kecemasan yang bisa membuat Anda keringat dingin.

Panik dan cemas merupakan gangguan psikologis yang harus Anda atasi. Berikut adalah 4 tips untuk bisa mengatasi rasa panik dan cemas berlebihan, seperti dilansir dari Segi Empat, Kamis (20/11/2014).

1. Olahraga

Olahraga merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk pula untuk mengatasi rasa takut Anda. Pasalnya, saat Anda berolahraga tubuh Anda akan melepaskan endorpin yang merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatasi perasaan cemas dan panik.

2. Meditasi

Meditasi selama ini dikenal sebagai salah satu cara ampuh untuk mengatasi stres, tapi selain itu meditasi juga ternyata sangat ampuh mengatasi perasaan cemas dan mudah panik. Pasalnya, saat Anda meditasi dan memfokuskan diri pada pernafasan dan melepas semua pikiran dalam kepala Anda mampu memberi frekuensi pada tiga titik dalam sistem otak yang mengontrol perasaan takut dan emosi.

3. Ubah Sudut Pandang

Kebanyakan kasus, perasaan panik dan cemas itu disebabkan karena pikiran kita sendiri. Jadi untuk mengatasinya sebaiknya Anda mengubah sudut pandang Anda. Ubah pemikiran jika momen-momen menegangkan tersebut hanya hal biasa yang tidak akan berdampak buruk pada kehidupan Anda.

4. Tantang Diri Anda

Mengatasi perasaan takut tersebut memang tidak mudah. Untuk mengatasinya Anda membutuhkan sebuah dorongan kuat dalam diri Anda. Bentuklah sebuah tantangan pada diri Anda, saat Anda cemas dan panik tantang diri Anda untuk mengatasinya. Percayalah saat Anda berhasil menantang diri Anda maka Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Jokowi Naikkan Harga BBM, Netizen Kicaukan Salam Gigit Jari

Musik Pop Bisa Pulihkan Penderita Hilang Ingatan