Belum lama ini, suatu lembaga amal yang berkedudukan di Inggris bernama Charities Aid Foundation (CAF) resmi merilis daftar 20 negara paling dermawan di dunia.

Sebelum mengumumkan 20 negara itu, CAF terlebih dahulu melakukan penilaian untuk setiap negara. Terdapat 3 hal yang menjadi faktor utama dalam penilaian itu yakni menyumbang uang, meluangkan waktu untuk membantu orang dan menolong turis.

Seperti dilansir dari situs resmi CAF, lembaga amal itu telah mengadakan survei kepada satu juta orang pada 135 negara di dunia sepanjang tahun 2014. Surveinya tersebut bernama World Giving Index.

“Tahun ini terdapat banyak peningkatan pada orang yang memberikan uang mereka, meluangkan waktu mereka dan membantu orang asing. Itulah tiga hal yang menunjukan kemurahan hati,” ujar chief executive dari CAF, John Low.

Hasilnya, negara Amerika Serikat (AS) dan Myanmar berhasil menyabet juara pertama untuk kategori ini. Pasalnya, kedua negara memiliki total kalkulasi sebanyak 64%. Sekitar 91 % dari 1 juta penduduk Myanmar menyumbangkan uangnya untuk kegiatan amal.

Sedangkan, negara AS lebih unggul dalam hal membantu turis atau orang asing. Hasilnya sebanyak 79 % dari 1 juta penduduk AS siap membantu turis yang sedang kebingungan di jalan.

Dari ke-20 negara itu, nama Indonesia ternyata masuk ke dalam daftar negara paling dermawan di dunia. Indonesia sendiri menduduki peringkat 13 dengan perolehan angka masing-masing 48% untuk membantu orang asing, 66 % menyumbang uang dan 40 % untuk meluangkan waktu membantu orang lain.

Di bawah ini merupakan daftar lengkap 20 negara paling dermawan di dunia.

1. AS
1. Myanmar
3. Kanada
4. Irlandia
5. Selandia Baru
6. Australia
7. Malaysia
7. Inggris
9. Sri Lanka
10. Trinidad dan Tobago
11. Bhutan
12. Belanda
13. Indonesia
14. Islandia
15. Kenya
16. Malta
17. Austria
18. Denmark
19. Iran
20. Jamaika

Demikianlah hasil survei yang dilakukan oleh lembaga amal CAF.

(nha)