Tak bisa dipungkiri jika dalam kegiatan sehari-hari, banyak orang yang mendengarkan musik untuk penghilang rasa jenuh maupun bosan. Ternyata, mendengarkan musik memiliki manfaat untuk kesehatan lho!

Bahkan, sebuah studi baru-baru ini mengklaim bahwa mendengarkan musik mampu memulihkan penderita hilang ingatan.

Studi ini menyatakan, penderita hilang ingatan masih mengalami kondisi seperti orang sehat yakni ‘musik membangkitkan kenangan autobiografi’ atau MEAMs sama seperti orang yang sehat. Artinya, walau mereka mengalami cedera otak parah, pasien itu tetap bisa melakukan kilas balik karena terinduksi oleh musik.

“Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa musik dapat membawa kenangan pribadi ke dalam pikiran baik pada orang dengan cedera otak parah maupun orang yang sehat,” kata Amee Baird, penulis utama dalam studi sekaligus seorang neuropsikolog klinis di Hunter Brain Injury Services di Australia, seperti dilansir dari Medical Daily, Kamis (20/11/2014).

“Ini juga berarti musik kemungkinan berguna untuk digunakan sebagai alat bantu memori bagi orang-orang yang kesulitan mengingat kenangan pribadi di masa lalu setelah mengalami cedera otak,” sambung Baird.

Lebih lanjut Baird menambahkan, dirinya kerap melihat pasien memiliki reaksi emosional yang kuat terhadap musik pop dan sering mengasosiasikan lagu dengan kenangan tertentu.

“Reaksi ini menunjukkan bahwa musik merupakan stimulus yang kuat untuk memunculkan emosi, baik emosi positif maupun negatif. Saya percaya bahwa hal itu efisien dalam mengaktifkan kembali ingatan,” cetus Baird.

Terkait studi ini, para peneliti merangkum bahwa terapi musik untuk pasien dengan berbagai kondisi neurologis, salah satunya adalah penyakit alzheimer sangat bermanfaat. Pasalnya, efek musik pada pasein pengidap demensia alzheimer bisa memulihkan kembali kenangannya dengan lebih cepat, spesifik, dan lebih mendalam.

“Mekanisme yang mendasari hal ini tidak sepenuhnya dipahami. Tetapi, kemungkinan besar berkaitan dengan kekuatan emosional dari musik,” tutup peneliti.

(nha)