Tak bisa dipungkiri jika teknologi menjadi kebutuhan dasar seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Itulah sebabnya, muncul berbagai gadget seperti laptop, ponsel, tablet, komputer untuk memenuhi segala kebutuhan manusia.

Di zaman modern seperti sekarang ini, tak sedikit orang yang terlihat sering memegang gadget mereka untuk dimainkan. Mungkin JBers juga salah satu orang yang gemar bermain gadget. Nah, jika ya sebaiknya penggunaan gadget harus dikurangi.

Pasalnya, keseringan bermain gadget bisa menimbulkan rasa sakit di bagian tulang leher. Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine

Saat bermain gadget, manusia cenderung menghabiskan waktu sebanyak dua – empat jam sehari untuk menunduk. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Surgical Technology International menambahkan, semakin banyak seseorang menundukkan kepala mereka ke depan arah gadget, maka semakin besar pula tekanan yang terjadi pada leher.

“Secara kumulatif, kebiasaan tersebut dalam waktu 700-1.400 jam setahun memberikan tekanan lebih pada tulang belakang servikal (leher),” tutur peneliti, seperti dilansir Torontosun, Jumat (21/11/2014).

Di sisi lain, dampak buruk keseringan bermain gadget adalah bengkoknya tulang belakang yang nantinya memengaruhi saraf dan otot sehinga berpengaruh pada pertumbuhan seseorang. Hasilnya, posisi tubuh seseorang menjadi membungkuk dan saraf jadi tegang dan kaku.

“Susah memang mencegah anak bermain dengan gadgetnya. Tapi tanggung jawab orangtua untuk membatasinya dan mengimbanginya dengan aktivitas fisik,” kata Neil G Furuno, D.C selaku Chiropractor dari University of California, Los Angeles

Terkait kasus ini, Neil menyarankan agar seseorang bisa seimbang antara bermain gadjet dan melakukan aktivitas fisik. Selain itu, saran lain adalah tetap menjaga postur tubuh yang baik selama bermain smartphone, serta menghindari untuk menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari dengan cara duduk membungkuk.

Cara duduk yang baik dalam bermain gadget adalah telinga sejajar dengan bahu dan tulang belikat yang ditarik ke belakang (tegak).

(nha)