Judika, penyanyi jebolan “Indonesian Idol”, secara resmi telah merilis album terbarunya yang berjudul “Hati & Cinta”. Berbeda dari tiga album sebelumnya, Judika merekam album ini di luar negeri, tepatnya di The Kennel Music, Swedia, dan melibatkan musisi dan komposer asal negara itu.

“80 persen rekaman album ini di Swedia. Saya hanya ingin memberikan yang terbaik. Semuanya untuk pecinta musik. Kenapa diberi judul ‘Hati & Cinta,’ karena semua lagu ini curahan hati aku untuk orang-orang yang aku cintai,” ungkap Judika dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari Metro TV News, Jumat (21/11/2014).

Alexander Sancaya selaku Managing Director dari Sony Music Indonesia memberikan alasan mengeapa proses rekaman album terbaru Judika itu harus dilakukan di Swedia. Menurutnya Sony Music Internasional memiliki studio yang besar dan sumber daya manusia yang lengkap dibandingkan dengan Sony Music Indonesia. Hal itu sangat memudahkan proses rekaman.

“Sony Music selalu berupaya meningkatkan kualitas dari artis- artisnya. Judika dengan potensinya yang hebat, berpeluang besar secara global. Untuk itu kami menunjuk Hayden Bell, Head of A&R Sony Music Asia Pacific, yang juga seorang music executive yang sukses melahirkan artis-artis kenamaan dunia untuk menjadi tim yang mewujudkan album baru Judika ini,” terang Alexander.

Album terbaru Judika ini dikabarkan kental dengan nuansa musik Electronic Dance Music (EDM) dan balutan R&B, padahal sebelumnya karakter vokal Judika lebih pas membawakan lagu rock balada.

“(Soal EDM) Itu sebenarnya lebih dari (keinginan) musisi di sana (Swedia). Aku juga enggak ketat harus kayak gimana. Karena aku yang bikin melodinya, dan aku ingin kemasan lagu-lagu ini benar-benar real khas dari sana. Aku enggak ingin kemasan yang sama seperti di Indonesia,” terang Judika terkait jenis musik di albumnya itu.

Secara garis besar, “Hati & Cinta” adalah album loncatan besar Judika. Upaya yang serius bagi seorang penyanyi untuk keluar dari zona nyaman dengan eksplorasi kreatif yang terbilang berani. (tom)