Wisata Religi ke Pagoda Watugong Semarang


Di Semarang terdapat sebuah pagoda dengan bangunan indah yang populer sebagai tujuan wisata religi, yaitu pagoda Avalokitesvara Watugong. Pagoda yang lebih dikenal dengan nama Pagoda Watugong ini terletak di Jalan Pandanaran No.126 Semarang. Terdiri dari tujuh lantai setinggi 45 meter, Avalokitesvara berhasil memecahkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Pagoda Watugong juga disebut Pagoda Metakaruna atau pagoda cinta dan kasih sayang, sebab di dalamnya terdapat beberapa buah patung dewi Kwan Im yang dikenal sebagai dewi welas asih.

Pagoda ini memiliki arsitektur gaya Tiongkok yang menawan, didominasi warna merah dan ukir-ukiran naga, burung hong, serta kura-kura yang menjadi ciri khas bangunan Tiongkok kuno. Selain desain pagoda yang sekilas tampak seperti Pagoda Shuikou yang ada di Tiongkok.

Ciri khas dari pagoda ini adalah beberapa rupang (patung) Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin, melambangkan cinta kasih sang dewi yang tersebar ke seluruh penjuru bumi. Patung-patung ini dipercaya bisa memberikan berkah bagi siapapun yang memujanya.

Rupang dewi Kwan Im yang membawa anak perempuan biasa digunakan peziarah yang ingin mendapatkan anak perempuan. Begitu juga dengan rupang dewi Kwan Im yang sedang menggendong anak laki-laki, konon bisa mewujudkan harapan memiliki anak perempuan. Sementara rupang Dewi Kwan Im yang membawa bunga dan teratai konon bisa menjadikan peziarah enteng jodoh.

Selain menjadi tempat bersembahyang pemeluk Buddha, saat hari libur Pagoda Watugong juga dikunjungi oleh wisatawan lokal yang sekadar ingin menikmati keindahan arsitektur Pagoda Watugong. Ada juga yang menjadikan pagoda ini sebagai lokasi untuk foto pre-wedding.

Pagoda ini memang bebas dikunjungi siapa saja. Pengunjung bahkan tidak dipungut biaya masuk. Hanya saja pengunjung biasanya berinisiatif melebihkan ongkos parkir sebagai sumbangan sukarela. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak