Dena Rachman yang merupakan artis transgender sukses melakukan operasi payudara di Korea Selatan, baru-baru ini. Tak hanya mempercantik penampilan, payudara berukuran 34B itu mampu membuat Dena percaya diri.

Dena Rachman bahkan sempat memposting foto-fotonya berbikini di sosial media. Foto-foto tersebut sempat memancing perhatian di lini masa.

“Itu pas aku lagi di Bali, ada kawinan teman juga, ya namanya pengin berbikini. Aku tanya dokter boleh pakai bikini nggak, ternyata boleh,” ucap Dena Rachman saat ditemui di Studio AD, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari Liputan6, Sabtu (22/11/2014).

Diakui Dena Rachman, ia sempat ragu untuk menggunakan bikini setelah melakukan operasi payudara. Namun setelah mencoba menggunakannya, transgender yang semula bernama Renaldy Rachman tersebut langsung merasa cocok dan nyaman.

“Pokoknya jauh lebih pede (percaya diri). Sekarang pakai apa-apa merasa lebih oke. Jadi pengin pakai bikini terus deh,” papar Dena Rachman.

Namun masih ada yang belum sempat dilakukan oleh Dena selain operasi payudara agar bisa lebih terlihat sempurna sebagai wanita. Itu adalah operasi kelamin.

Saat ditanya soal keinginannya mengubah alat kelamin, Dena Rachman langsung mengiyakan. Namun ia belum mau melakukan hal tersebut dalam waktu dekat.

“Sejauh ini belum ya (mengganti alat kelaminnya),” ucap Dena Rachman.

“Rencana kesitu memang belum ada dalam waktu dekat ini, tapi aku pengin. Tapi nantilah nabung dulu, cari kerja dulu,” papar Dena Rachman yang sebelumnya bernama Renaldy Rachman.

Menurut Dena Rachman, banyak yang harus dilakukan oleh para transgender untuk membuat bentuk tubuhnya menjadi seperti wanita seutuhnya. Bukan hanya mengganti kelamin yang terpenting.

“Transgender itu nggak hanya operasi payudara atau ganti kelamin, tapi ada facial feminin fashion. Diubah sedikit dahi, hidung dan lain-lainnya,” tutur Dena Rachman. (tom)