Belum lama ini aplikasi chatiing via phone, whatsApp mengeluarkan fitur baru yakni fasilitas “Read” atau “Baca”. Tanda baca di aplikasi ini ditandai dengan dua centang berwarna biru. Hal ini sebelumnya tidak dimiliki whatsApp.

Namun karena fitur baru dari whatsApp ini seorang istri di Arab Saudi diceraikan oleh sang suami. Suami ini kesal lantaran hanya mendapati tanda centang dua berwarna biru pada whatsApp miliknya, dan sang istri tidak membalas pesannya saat itu juga. Sang istri dianggap telah mengabaikan isi pesan yang dikirim olehnya.

Seperti yang dikutip dari solopos.com (Minggu, 23/11/2014), suami tersebut juga melaporkan sang istri karena telah mengabaikan urusan rumah dan anak mereka. Sang istri dikatakan selalu menggunakan telepon tanpa henti karena selalu berbicara lewat ponsel pada teman-temannya dan juga keluarganya.

Meski begitu, sang istri membela diri walaupun dirinya lalai menanggapi pesan di whatsApp, tapi Ia selalu berkomunikasi melalui telepon dengan sang suami.

Suami tersebut berterimakasih pada whatsApp yang telah mengeluarkan fitur “read” pada aplikasi mereka. Dengan begitu, Ia jadi tahu bahwa selama ini sang istri telah membaca pesan-pesannya dan mengabaikannya.

â??Saya mengirim pesan di Whatsapp dan tahu dia telah membaca karena update terbaru pada aplikasi tersebut, tetapi dia masih dia tidak menjawab atau mengakui pesan (saya),â? kata suami itu.

Centang dua berwarna biru dinilai sangat membantu karena selama ini whatsApp tidak memiliki fasilitas tersebut. Paling hanya terdapat tanda “last seen” dimana kita jadi tahu orang tersebut terakhir kali online menggunakan whatsApp pada pukul dan hari apa.

Padahal aplikasi chatting sejenis seperti BBM dan Line sudah lama memiliki fitur “read” dalam aplikasinya. Namun untuk mendapatkan tanda “read” pada aplikasi whatsApp Anda, Anda harus terlebih dahulu memiliki versi terbaru dari aplikasi tersebut.(dea)