Ciuman acapkali dilakukan oleh seseorang dengan keluarga misalnya ibu, ayah, kakak, adik, sanak saudara, maupun kekasih. Berbicara tentang ciuman, tentunya bukan hal tabu lagi dikalangan masyarakat. Tahukah kamu? Ternyata ciuman memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho?

Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian. Penelitian itu menyatakan bahwa berciuman bisa menopang sistem kekebalan tubuh yang memungkinkan pasangan untuk lebih mudah mengenal dan melawan penyakit.

Seperti dikutip dari Dailymail, Senin (24/11/2014), Sheril Kirshenbaum, selaku penulis The Science of Kissing dan Director of the Energy Poll di University of Texas at Austin di Austin, menjelaskan bahwa bibir adalah zona sensitif seksual tubuh yang paling terlihat jelas.

Itu artinya, apabila bibir menerima sentuhan maka kondisi ini bisa mengirimkan informasi ke bagian otak yang berhubungan dengan informasi sensorik, yang mempengaruhi bagaimana kita berpikir dan merasa.

Di sisi lain, psikolog evolusioner di State University of New York di Albany mengungkap bahwa 59% pria dan 66% wanita mengatakan, mereka mengakhiri hubungan keduanya sejak dini hanya karena ciuman yang tidak bekerja dengan baik.

Tak hanya itu saja, terdapat penelitian lain yang dilakukan oleh ahli biologi Swiss, Claus Wedekind. Claus mengklaim bahwa wanita cenderung terpikat kepada aroma pria yang membawa kode genetik yang berbeda, untuk sistem kekebalan tubuh mereka di daerah DNA yang dikenal sebagai major histokompatibilitas complex atau MHC.

Di bawah ini adalah berbagai manfaat ciuman bagi kesehatan:

1. Ciuman di pagi hari berpotensi hidup 5 tahun lebih lama ketimbang mereka yang tidak melakukannya.

2. Ciuman berdampak positif bagi rasa percaya diri.

3. Menurut riset, ciuman yang dilakukan dengan penuh gairah setiap hari (sedikitnya 20 detik setiap ciuman) dapat menurunkan kelebihan berat tubuh.

4. Ciuman diakui sebagai pelepas stres

5. Ciuman mengaktifkan 30 otot-otot wajah sehingga dapat membuat wajah lebih kencang

6. Ciuman dapat mengurangi kecemasan dalam diri seseorang.

(nha)