Museum adalah salah satu objek wisata favorit para wisatawan yang kerap kali dikunjungi saat liburan tiba. Pasalnya, museum memiliki cerita sejarah dari bangsa Indonesia. Tak heran jika berbagai museum di Tanah Air selalu dirawat maupun dikembangkan.

Guna menarik perhatian para turis agar mengunjungi museum, pemerintah Indonesia pun melakukan sejumlah cara misalnya revitalisasi, membuat beberapa acara untuk pendekatan pada masyarakat langsung serta menambah jumlah museum tiap tahunnya.

Mungkin, sebagian besar masyarakat Indonesia tak sadar bahwa setiap tahunnya museum-museum di Indonesia selalu bertambah.

â??Kalau di luar negeri, museum terbatas justru di Indonesia museum terus bertambah tiap tahunnya. Maka dari itu, masyarakat Indonesia harusnya senang. Museum ada banyak, mereka harusnya tanggap bahwa sayang kalau tidak dikunjungi,â? tutur Kasubdit Pengembangan dan Pemanfaatan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Dani Wigatna, seperti dilansir Kompas, Selasa (25/11/2014)

Dani mengaku, kurang lebih ada lima museum dibangun setiap tahunnya. â??Museum kita akan selalu bertambah banyak, rata-rata bisa mencapai 5 museum baru tiap tahunnya. Tahun ini saja sudah ada beberapa. Diantaranya, Museum Kepresidenan Republik Indonesia dan museum milik swasta di Malang, Museum Angkut,â? papar Dani

Jelang pergantian tahun, Dani berencana akan meresmikan 5 museum di tahun depan. Tak tanggung-tanggung, Dani sudah mengantongi nama museum nantinya bakal diresmikan. â??Beberapa yang akan diresmikan nanti, di antaranya Museum Batik Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – Jakarta, Museum Noken di Jayapura dan juga beberapa Museum Situs di Semedo (Tegal), Trinil (Ngawi) dan Ogan Komering Olu (Sumatera Selatan). Mencapai 5 juga kan?â? tuturnya.

Lebih lanjut Dani menuturkan bahwa dalam setahun ini angka kunjungan para turis ke museum diperkirakan baru mencapai 10 juta saja. Meski begitu, angka ini tergolong meningkat jika dibandingkan dengan masa-masa krisis moneter.

Namun, tetap saja angka itu masih terlampau jauh dengan kunjungan para wisatawan mancanegara ke museum luar negeri.

â??Di negara tetangga (Singapura), ada satu museum yang bila dikalkulasikan jumlah kunjungannya mencapai 6 juta dalam setahun. Itu baru satu, belum ditambah angka kunjungan dari museum yang lain. Sedang kita dari 328 museum keseluruhan, baru mencapai angka 10 juta,â? imbuhnya.

Dengan adanya peningkatan museum baru di Indonesia, diharapkan angka kunjungan wisatawan lokal maupun asing dapat terus bertambah.

(nha)