Pernahkah Anda mendengar kota di bawah laut? Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa hal tersebut hanya terjadi di dunia dongeng, tapi jangan salah, di Mesir terdapat kota bawahlaut yang benar-benar nyata yakni Thonis-Heracleion.

Dikutip dari Mirror (Rabu, 26/11/2014), kota Thonis-Heracleion merupakan wilayah yang tenggelam sekitar 1.200 tahun silam di dasar laut Mediterania. Kota ini dikenal sebagai kota legenda dan tidak diketahui keberadaannya.

Sekitar tahun 2000, tim ekspedisi menemukan kota yang hilang ini. Para peneliti meneliti sedikit demi sedikit kota hilang tersebut dan menguak rahasia di dalamnya.

Frank Goddio seorang arkeolog bawah laut beserta timnya melakukan penelitian selama tiga tahun. Ini merupakan awal untuk mengungkap misteri dari kota Thonis-Heracleion.

â??Kita mungkin harus melanjutkan pekerjaan ini untuk 200 tahun mendatang untuk memunculkan dan memahami Thonis-Heracleion secara utuh,â? ucap Goddio.

Seorang peneliti berhasil menemukan patung ratu Ptoleamic dari Teluk Aboukir. Patung tersebut diduga merupakan representasi dari Cleopatra II atau III yang mengenakan pakaian Dewi Isis

Seorang ilmuwan yang berasal dari Oxford University, Damian Robinson pun salut dengan temuan kota ini. Ia tertarik untuk menyelami lebih dalam kehidupan yang ada di dalamnya. Kami sekarang mulai melihat beberapa daerah yang lebih menarik di dalamnya untuk mencoba memahami kehidupan di sana,â? ucapnya.

â??Kami mendapatkan gambaran kekayaan kota ini, seperti perdagangan yang terjadi di sana dan sifat dari ekonomi maritim di periode akhir Mesir,â? tambah Robinson.

Selama penelitian, para arkeolog bawah laut menemukan banyak benda menakjubkan seperti koin emas, patung raksasa berukuran 16 kaki, serta 64 kapal. Sebuah batu bertuliskan huruf Yunani dan Mesir kuno juga telah diangkat ke permukaan.

Patung Hapi yang merupakan Dewa Mesir Kuno  pun ikut ditemukan dalam pencarian ini. Patung ini memiliki tinggi sekitar 5,4 meter. (dea)