Untuk menjaga kesehatan otak sehingga Anda bisa terhindar dari kepikunan, Anda harus selalu melatih otak agar bisa berfungsi dengan baik. Beberapa cara yang disarankan untuk buat otak lebih sehat adalah melakukan permainan seperti catur, scrabble, sudoku dan sebagainya.

Tapi ternyata sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Duke University telah menemukan cara baru untuk buat otak lebih sehat dan pastinya akan sangat Anda sukai. Aktivitas ini adalah dengan berbelanja di online shop, yang merupakan aktivitas yang sering dilakukan orang-orang saat ini. Berbelanja ternyata telah dikategorikan sebagai latihan otak, terlebih lagi jika Anda berbelanja di online shop.

Dilansir dari Segi Empat, Kamis (27/11/2014), para ilmuwan ini menemukan bahwa para lansia atau orang yang telah lanjut usia ternyata membutuhkan upaya yang lebih keras untuk menggunakan otak ketika dia belanja di online shop. Kemampuan yang sering digunakan adalah kemampuan untuk mengingat.

Seiring dengan pertambahan usia, daerah otak yang memiliki fungsi untuk mengingat akan mengalami penurunan. Tapi ketika mereka berbelanja di online shop, mereka akan mencoba untuk mengingat dan otak akan mengaktifkan daerah yang lain. Ketika mereka sedang berbelanja, mereka akan melakukan perhitungan agar bisa mendapatkan harga yang paling murah dan ekonomis.

“Ini menunjukkan bahwa pada lansia sehat, meski memorinya sudah tidak bagus, mereka bisa menggunakan bagian otak lain yang biasanya tidak terpakai untuk fungsi tersebut,” jelas Nichole Lighthall, yang merupakan salah seorang peneliti.

Penelitian yang kemudian dimuat dalam Journal of Neuroscience ini mengungkapkan bahwa para peneliti menggunakan teknologi functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI). Penggunaan teknologi ini untuk melihat bagaimana aktivitas otak orang-orang yang telah lanjut usia ketika mereka sedang berbelanja di Amazon, yang merupakan salah satu situs belanja online yang terkenal.

Meskipun sebagian dari mereka telah mengalami penurunan fungsi otak yang lebih banyak, tapi ternyata mereka tidak kalah jika dibandingkan dengan mereka yang masih muda. Hal ini karena mereka menggunakan bagian otak yang disebut dengan ventromedial prefrontal cortex (vmPFC). Bagian ini aktif ketika otak sedang berusaha untuk mengingat, dalam hal ini mengingat harga dari barang. (tom)