Bergosip Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan


Kaum wanita memang suka berkumpul dan bersosialisasi dengan sesamanya. Ada suatu kewajiban yang tidak boleh terlupakan dalam “acara sosialisasi” ini, yaitu bergosip. Meskipun terlihat seru dan bisa menjadi topik pembicaraan baru tapi ternyata gosip bisa membahayakan kesehatan.

Dilansir dari Segi Empat, Jumat (28/11/2014), sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa ketika kamu mendengar gosip tentang seseorang, maka kamu akan memberi penilaian pada diri kamu  sendiri. Hal itu kemudian akan membuat kenyamanan serta kepercayaan kamu terganggu. Jika hal ini terus terjadi, maka masalah kesehatan kamu juga akan ikut terganggu.

Katakan saja ketika kamu mendengar gosip yang baik tentang kinerja dari rekan kerja kamu. Mendengar kalau mereka naik jabatan, berhasil dalam proyeknya atau mendapatkan promosi pasti akan membuat kamu merasa minder. Hal ini kemudian akan membuat kepercayaan diri kamu menurun. Bukan tidak mungkin kalau hal ini akan mempengaruhi kinerja kamu di kantor.

Lain halnya ketika kamu mendengarkan gosip buruk tentang orang lain. Gosip seperti itu justru akan membuat kamu merasa percaya diri dan merasa bahwa kamu lebih baik darinya. Jadi dengan kata lain, kamu akan merasa terancam dan khawatir terhadap diri sendiri saat mendengar gosip baik. Namun akan merasa lebih baik, lebih dihargai dan lebih unggul ketika mendengar gosip yang tidak baik.

Bergosip dan membicarakan keberhasilan atau kehebatan orang lain seakan menjadi “alarm” tersendiri bagi seseorang. Orang-orang yang mendengar kehebatan orang lain pasti akan berusaha untuk menjadi lebih baik daripada orang yang digosipkan. Padahal hal tersebut bisa saja membuat mereka merasa stres, tertekan dan depresi. Mereka merasa kalau orang tersebut adalah saingannya yang harus dikalahkan.

Padahal stres dan depresi bisa menyebabkan masalah kesehatan tertentu kepada seseorang. Jika kamu mengalami hal seperti ini, maka kamu harus segera mendapatkan penanganan agar masalah tidak menjadi lebih parah.

Meski demikian, sebenarnya hal seperti itu bisa membuat kamu terpacu untuk menjadi orang yang lebih baik dan lebih sukses. Karena ketika kamu  mendengarkan kabar dari orang lain, maka kamu akan berusaha untuk melakukan evaluasi kepada diri sendiri. Yang penting ketika kamu  mendengarkan gosip adalah kamu juga harus bisa memilah dan memilih. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak