Setiap wanita di dunia ini memiliki ukuran payudara berbeda-beda. Ada yang punya payudara besar, ada pula yang memiliki buah dada berukuran kecil ataupun sedang.

Ternyata, bentuk payudara wanita ada kaitannya dengan kesehatan mental mereka lho. Hal ini dinyatakan oleh studi yang diterbitkan dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgery. Penelitian ini menyebut bahwa ukuran payudara sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Selain itu, studi ini mengungkapkan bahwa wanita yang punya ukuran payudara kecil ataupun tidak seimbang akan menurunkan rasa percaya diri dalam dirinya.

Seperti dikutip Daily Mail, Jumat (28/11/2014), para peneliti menjelaskan bahwa wanita yang punya bentuk payudara tak seimbang dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan mentalnya.

Terkait hal ini, tim dokter di Rumah Sakit Anak Boston menemukan intervensi medis awal, termasuk pengendalian berat badan, konseling kesehatan mental dan bahkan operasi. Sang ketua peneliti mengklaim bahwa faktor-faktor itu dapat membantu wanita berpayudara asimetris.

“Temuan ini menunjukkan bahwa pasien yang menderita payudara asimetris, terbukti punya keseimbangan emosional yang rendah dibanding teman-teman mereka,” kata Dr Brian Labow, selaku ketua peneliti.

Tak cukup hanya menganalisis saja, para peneliti pun melakukan survein yang melibatkan 59 wanita muda berusia 12 sampai 21 tahun. Responden wanita itu diketahui adalah wanita yang punya payudara berbeda dengan setidaknya satu ukuran cup bra.

Bahkan, tercatat 40% anak perempuan yang didiagnosa memiliki deformitas payudara tuberous, yakni suatu kondisi di mana payudara tidak berkembang secara normal.

Kemudian, para peneliti melakukan tes untuk memastikan seberapa baik anak-anak berfungsi secara psikologis dan sosial, serta melakukan tes untuk mencetak kualitas yang berhubungan dengan kesehatan hidup mereka.

Tes yang sama juga dilakukan pada sekelompok gadis-gadis tanpa asimetri payudara, dan pada anak perempuan dengan gejala macromastia. Alhasil, anak perempuan yang memiliki buah dada berukuran berbeda mendapat skor lebih rendah untuk keseimbangan emosional dan harga diri.

(nha)