Bagi wanita, rambut adalah mahkota kecantikan. Berbagai upaya dilakukan wanita  demi menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Tapi beberapa artis ini justru membiarkan kepalanya botak. Berikut adalah 5 artis cantik yang pernah menggunduli kepalanya, dilansir dari Liputan6, Senin (1/12/2014).

1. Dinda Hauw

Dinda Hauw
Dinda Hauw

Totalitas berakting ditunjukkan oleh Dinda Hauw saat berperan sebagai Keke di film “Surat Kecil Untuk Tuhan”, yang diceritakan kepalanya botak akibat kanker ganas. Berkat perannya itu, Dinda Hauw menjadi artis pendatang baru wanita terfavorit dalam Indonesian Movie Awards 2012, mengalahkan Astrid Tiar, Prisia Nasution, Siti Helda Meilita dan Tara Basro.

2. Susan Mauchari

Sausan Machari
Sausan Machari

Sausan Machari merupakan model paling laris di era 90-an. Sausan memang mengawali kariernya sebagai peragawati dan fotomodel. Ia banyak tampil di pagelaran busana para desainer top Indonesia. Susan pernah tampil dalam video klip Chrisye yang berjudul “Kala Surya Tenggelam”. Dalam klip itu, Sausan berani menerima tantangan untuk membotaki rambutnya. Sebelumnya Sausan memang selalu tampil dengan rambut pendek, tapi baru kali itu ia berani menggunduli kepalanya.

3. Dominique Sanda

Dominique Sanda
Dominique Sanda

Dominique Sanda atau Monik dikenal lewat perannya di sinetron “Tuyul dan Mbak Yul” di akhir 1990-an. Monik menggunduli kepalanya bukan karena tuntutan peran, seperti yang dilakukan artis lainnya. Ia mengambil keputusan untuk digunduli demi mendapatkan rambut yang tebal dan kulit kepala yang sehat. Ia merasa rambutnya terlalu tipis dan mudah rontok, karena sering menggunakan wig.

4. Sukma Ayu

Sukma Ayu
Sukma Ayu

Totalitas Sukma Ayu memerankan tokoh Rohaye dalam sinetron “Kecil-kecil Jadi Manten” dibuktikannya dengan keberaniannya membabat habis rambutnya. Diceritakan kalau Rohaye sangat menggilai Ronaldo, yang saat itu memperkuat Timnas Brazil. Rohaye ingin membotaki rambutnya seperti Ronaldo. Sukma Ayu meninggal pada tanggal 25 September 2004, di saat kariernya di dunia keartisan tengah berkibar.

5. Sylvana Herman

Sylvana Herman
Sylvana Herman

Artis senior ini juga pernah memotong habis rambutnya, hingga kepalanya botak. Saat itu Ano, begitu biasanya Sylvana Herman disapa memang ingin merasakan kepalanya dibotaki. Ano mengaku merasa nyaman dan percaya diri saat kepalanya botak. (tom)