Kalau berlibur dengan kekasih, mitos soal cinta di tempat wisata bisa mendadak menjadi masalah penting. Kalau mitosnya putus cinta, destinasi itu dijauhi traveler yang sudah berpasangan. Namun kalau mitosnya panjang jodoh, maka banyak pasangan berlibur ke tempat ini. Berikut adalah 4 tempat wisata di Indonesia dengan mitos awet jodoh, seperti dilansir dari Detik, Senin (1/12/2014).

1. Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu
Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari destinasi dengan mitos yang membuat pasangan langgeng terus. Di Kepulauan Seribu ada Pulau Tidung yang alamnya dinilai banyak turis masih cukup bersih. Pulau Tidung memiliki Jembatan Cinta yang terkenal romantis dan ramai dikunjungi wisatawan. Mitosnya, pasangan yang melompat bersama dari jembatan ini, kisah cinta mereka akan abadi selamanya.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata dengan mitos yang unik, putus cinta dan awet cinta sekaligus. Ada mitos pasangan yang berlibur kesana bisa putus cinta kalau melewati jembatan gantung di Kebun Raya. Namun, di Kebun Raya juga ada tempat yang diyakini membuat panjang jodoh. Tempat itu adalah pohon jodoh. Pohon jodoh adalah 2 pohon berbeda jenis, namun posisi kedua pohon berdampingan dan saling melilit di bagian atasnya. Pria dan wanita bisa bertemu jodoh di tempat ini dan pasangan yang ke tempat ini bisa langgeng hubungannya.

3. Pulau Asmara di Situ Patenggang, Bandung

Pulau Asmara di Situ Patenggang, Bandung
Pulau Asmara di Situ Patenggang, Bandung

Situ Patenggang atau disebut juga Situ Patengan di dekat Kawah Putih, Bandung, punya mitos awet jodoh. Tempat itu adalah Pulau Asmara. Ini adalah pulau di tengah-tengah danau tersebut. Jika dilihat dari langit, pulau ini memang berbentuk hati, tidak salah jika mitos cinta begitu melekat dengan tempat ini. Di tengah pulau ini terdapat pula Batu Cinta. Mitosnya, pasangan yang datang ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka cinta keduanya akan abadi.

4. Air Terjun Kalijodoh, Pinrang

Air Terjun Kalijodoh, Pinrang
Air Terjun Kalijodoh, Pinrang

Di Sulawesi Selatan ada juga destinasi wisata dengan mitos cinta yang langgeng. Tempat itu adalah air terjun Kalijodoh di Kabupaten Pinrang, Sulsel. Air terjun ini memiliki alam yang masih asri, udara di sini juga masih bersih karena dikelilingi rimbunnya pepohonan hijau. Dinamakan air terjun Kalijodoh karena ada mitos sepasang muda-mudi yang bertemu jodohnya, kemudian akan berhasil membina rumah tangga. (tom)