STORY: Dulunya Tukang Becak, Kini Pria Ini Jadi Pengusaha Sukses


Selalu ada jalan bagi seseorang yang mau berusaha. Mungkin itulah istilah yang cocok untuk menggambarkan seorang pria bernama Pak Sanim.

Pak Sanim pun sudah membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi pengusaha suskes meski dirinya dahulu adalah seorang tukang becak. Berkat kerja kerasnya yang tak pernah pantang menyerah, Pak Sanim kini ia telah menjadi pengusaha sukses kaya raya yang memiliki 10 mobil, 3 rumah, dan 2 pabrik.

Sebelum pria asal Cirebon ini menjadi seorang pengusaha, Pak Sanim pernah bekerja menjadi tukang becak di sekitar prapatan Cirebon.

Cukup lama Pak Sanim menjadi penarik becak. Suatu hari, Pak Sanim menjumpai sebuah pabrik garam di sekitar tempat pangkalannya. Dari situ ia mencoba untuk beralih bekerja menjadi seorang karyawan di pabrik tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Pak Sanim mulai berpikir untuk membuka pabrik sendiri. Menurutnya garam memiliki potensi besar pada waktu itu mengingat banyaknya permintaan dari daerah sekitar Cirebon dan sekitar Jawa Tengah.

â??Setelah dua bulan bekerja, saya pun berpikir, daerah kita kan punya potensi garam, loh kenapa saya tidak bisa membuat garam sendiri,â? papar Pak Sanim.

Setelah memiliki tekad kuat, Pak Sanim pun memutuskan berhenti kerja dari pabrik garam tersebut. Alhasil, Pak Sanim membuka usaha garam yang menurutnya bisa meraup keuntungan besar.

Ketika pertama kali memulai usaha garam, Pak Sanim bersama istri mengolah garam secara tradisional. Meski begitu, garam itu ternyata laku dijual. Lantaran laris manis, Pak Sanim pun merekrut tenaga kerja untuk membantu usahanya.

â??Lambat laun ternyata keuntungan kita tambah besar dan banyak peminatnya. Akhirnya kita menambah karyawan dari tetangga-tetangga kita lalu kita bisa membeli tanah untuk tempat produksi yang lebih luas lagi dan sekarang ada pabrik, yakni pabrik garam,â? lanjut Pak Sanim

Dalam setahun Pak Sanim bisa menghasilkan garam minimal mencapai 2.000 ton. Alangkah senang Pak Sanim lantaran ia kini sudah menjadi pengusaha sukses.

Berkat usahanya ini, Pak Sanim bisa menunaikan ibadah haji dalam beberapa kali. Tak hanya itu, Pak Sanim berhasil menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang sarjana. Hebatnya lagi, usaha yang ditekuni Sanim sukses merambah ke pabrik pembuatan pupuk.

â??Anak saya pun kini sarjana semua. Sementara saya pendidikan kelas 4 SR (setara SD) dulu. Makanya kita punya anak tidak mau mengalami masa muda seperti kita, makanya kita sekolahkan semua itu. Kita haji pun sudah dua kali, malah akan datang tahun depan mau umroh dulu,â? tutup Sanim.

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak