Bipolar ialah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati dalam periode tertentu.

Biasanya, seseorang yang mengidap bipolar akan menjadi murung, stres, bahkan depresi. Tak hanya orang biasa, kalangan artis pun juga ikut terkena gangguan bipolar. Seperti dilansir Healthline, Selasa (03/12/2014), inilah 5 artis yang mengidap gangguan bipolar.

1. Russell Brand

Russell Brand
Russell Brand

Siapa sangka? komedian asal Inggris, Russell Brand ternyata memiliki gangguan kepribadian Bipolar. Hal ini terlihat saat Russell dinyatakan mempunyai emosi yang tak stabil. Terlebih, saat kecil dirinya mengalami masa-masa kelam. Menginjak dewasa, Russell juga sempat menjadi pecandu heroin, memiliki gangguan makan (bulimia), dan kecanduan seks.

2. Catherine Zeta-Jones

Catherine Zeta-Jones
Catherine Zeta-Jones

Lantaran sang suami divonis terkena penyakit kanker oleh dokter, hidup Catherine Zeta-Jones seakan hancur. Ia pun sempat mengalami stres berat dengan kurun waktu setahun. Ketika. dirinya melakukan tes kesehatan, ternyata dokter menyatakan bahwa dirinya mengalami gangguan bipolar, yang ditandai dengan serangan depresi.

3. Kurt Cobain

Kurt Cobain
Kurt Cobain

Personel band rock, Nirvana juga diketahui mengidap gangguan bipolar. Awalnya, Kurt Cobain hanya didiagnosis dengan Attention deficit hyperactivity disorder (ADD) pada usia muda. Entah kenapa, gejala itu berujung pada bipolar. Hal ini bisa dilihat saat Kurt meraih popularitas bersama Nirvana, dirinya hampir bunuh diri pada usia 27 tahun.

4. Nina Simone

Nina Simone
Nina Simone

Selanjutnya adalah penyanyi jazz, Nina Simone. Wanita yang terjun ke ranah politik ini diklaim mengidap gangguan bipolar. Tercatat, Nina sangat mudah mengamuk karena ketidakstabilan emosinya, bahkan dirinya di cap sebagai selebriti yang penuh sensasi. Hal sensasional yang pernah dilakukannya adalah berpose bugil di sejumlah sesi pemotretan.

5. Alvin Ailey

Alvin Ailey
Alvin Ailey

Ketika masih kecil, Alvin Ailey terpaksa ditinggalkan oleh ayah kandungnya. Alhasil, ia pun selama ini dibesarkan oleh sang ibu remaja berkehidupan miskin dan tinggal di lingkungan yang kurang bersahabat dengan anak-anak. Sontak, kondisi itu membuat Ailey memiliki sikap bipolar yang terkait dengan seksualitas, yang diperburuk oleh minum minuman keras dan penggunaan narkoba.

(nha)