Sesuatu yang kita inginkan sangat bisa terwujud apabila kita berusaha untuk meraihnya. Di dunia ini tak ada yang tak mungkin. Jadi, tinggal bagaimana kita saja menyikapi kegigihan kita untuk mewujudukan keinginan.

Pria bernama Tony Elumelu pun membuktikan perjuangannya untuk mendapatkan apa yang ia ingin. Demi menciptakan banyak pengusaha, pria asal negara Nigeria ini sudah mengalokasian uang sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,226 triliun. Alhasil, ia pun sukses untuk mencetak sebanyak 10 ribu pengusaha baru asal Afrika selama 10 tahun ke depan.

Seperti dikutip dari Forbes pada Rabu (03/12/2014), keberhasilannya dalam menciptakan banyak pengusaha ia ungkapkan ketika hadir pada konferensi pers serta peresmian The Tony Elumelu Foundation Entrepreneurship Programme (TEEP) di Lagos. Lagos sendiri merupakan kota paling terkenal di Nigeria.

Menurut Tony, TEEP menjadi gerbang utama dalam langkahnya menciptakan banyak pengusaha baru asal Afrika. Sekedar informasi, TEEP merupakan sebuah program berkelanjutan yang dirancang khusus untuk pelatihan, bantuan pendanaan dan pendampingan.

Adapun tujuan TEEP adalah guna memberdayakan calon pengusaha Afrika agar bisa sukses di kemudian hari. Apalagi, dunia mengenal bahwa kawasan Afrika masih sangat jauh dengan modernisasi zaman dan teknologi.

Program TEEP ini bakal mengidentifikasi dan membantu mengembangkan 10 ribu orang dari seluruh Afrika selama 10 tahun ke depan. Digadang-gadang, bisnis ini mampu menghasilkan keuntungan besar yakni tersedianya satu juta lapangan kerja baru.

Selain itu, TEEP juga menyumbang US$ 10 miliar dalam pendapatan tahunan bagi perekonomian Afrika. Nantinya, sebanyak 10 ribu orang akan diseleksi dari proposal bisnis yang berasal dari seluruh penjuru Afrika.

Tony mengatakan, jika tak ada aral melintang TEEP akan dimulai pada Januari 2015. “Kesempatan dan tantangan di Afrika adalah pada manusia, sumber daya, dan wawasan kita,” ujar Tony.

“Dalam perjalanan bisnis dan filantropi saya, saya selalu mencari cara untuk menginspirasi generasi muda di seluruh benua kami,” sambung Tony

Kini, Tony ingin agar semua penduduk Afrika bisa sukses dan berkembang maju. Bukan isapan jempol belaka, sekarang Tony berhasil menjadi seorang miliarder yang bergerak dalam bidang perbankan, energi, investasi dan real estate.

Tak tanggung-tanggung, Tony juga sukses diberikan penghargaan oleh FORBES sebagai salah satu dari 50 orang terkaya di Afrika. Good job Tony. (nha)