Tulang belulang yang diperkirakan berusia tua sempat menggegerkan warga di pantai kawasan Rusia pada tahun 2006 silam. Orang-orang di sekitar meyakini bahwa tulang itu adalah monster laut.

Binatang tersebut ditemukan di Sakhalin, yang merupakan palung paling timur Rusia, dekat dengan Jepang. Warga sekitar kala itu berbondong-bondong melihat penampakan tulang dengan bentuk yang tak lazim dan mengerikan.

Perkiraan awal yang dilakukan ahli menunjukkan hewan tersebut bukan ikan, aligator atau pun buaya. Bahkan ada yang menduga binatang itu hidup di Zaman Prasejarah.

Kini misteri identitas hewan tersebut akhirnya terungkap. Berdasarkan hasil investigasi, para ahli kelautan menyimpulkan bahwa kerangka tersebut bukanlah kerangka hewan prasejarah maupun hewan mistis, melainkan berasal dari paus beluga raksasa.

Paus beluga
Paus beluga

Hasil penelusuran yang dilakukan selama 8 tahun oleh para pakar maritim itu menyatakan tulang itu bukan berasal dari ikan biasa, melainkan jenis hewan laut raksasa berukuran 5 meter.

Seperti dimuat News.com.au, Kamis (4/12/2014), dari struktur dan ukuran tulang, para ahli menyimpulkan bahwa hewan itu merupakan paus yang memiliki bulu dan rambut.

Saat mengumumkan hasil penyelidikan, para ilmuwan menunjukkan contoh tulang paus beluga yang mirip dengan kerangka yang ditemukan di Pantai Sakhalin.

Sejumlah hewan misterius juga pernah ditemukan di Kamboja pada bulan November 2013. Kala itu, Warga Kamboja dikejutkan oleh penemuan hewan asing berukuran raksasa. Media asal Jepang yang fokus pada hal-hal aneh, Karapaia merilis sebuah video penampakan hewan aneh yang menyerupai cacing raksasa.

Selain itu ada pula makhluk laut misterius lainnya yang umumnya ditemukan mati terdampar di pantai, seperti makhluk seperti belut raksasa di Spanyol, cumi-cumi raksasa berukuran 8 meter di Tasmania, Australia. Kemudian yang aneh lagi adalah ditemukannya hewan seperti rakun di New York, Amerika Serikat yang dinamakan Montauk Monster. (tom)