Kamu suka membaca buku? Atau gemar mengkoleksi buku? Nah, sangat cocok jika mampir ke tempat bernama Hay-on-Wye ini.

Ini adalah kota yang terletak di perbatasan sungai Wye di Powys, Wales, Inggris. Saking banyaknya buku berada di tempat ini, Hay-on-Wye pun dijuluki sebagai kota buku.

Kamu bisa dengan puas berjalan-jalan di kota ini. Sejumlah toko yang menjajakan berbagai buku dengan tema apapun dapat kamu temui. Tak tanggung-tanggung, terdapat dua lusin toko buku yang berada di hampir tiap sudut kota ini.

Umumnya, toko-toko ini menjual sejumlah buku bekas dan klasik. Menariknya, semua toko buku di sini didesain seperti toko-toko tua dalam film Harry Potter. Bahkan, ada pula lho toko buku yang hanya berbentuk deretan rak kayu di luar rumah.

Seperti dilansir situs Amusing Planet, Jumat (05/12/2014), kehadiran toko-toko buku di Hay-on-Wye dimulai oleh Richard Booth pada tahun 1961. Awalnya, Richard membangun toko buku bekas. Hebatnya, toko buku ciptaannya itu menjadi populer dan diikuti oleh para rekannya.

Tepatnya di tahun 1970-an, Hay-on-Wye pun dikenal sebagai kota buku. Hingga sekarang, kota ini selalu kedatangan sebanyak 500.000 pengunjung setiap tahunnya.

Tahukah kamu? Ada hal menarik lho dari Hay-on-Wye. Pasalnya, di lokasi ini terdapat Honesty Bookshops alias toko buku kejujuran. Sesuai namanya, konsep toko buku seperti ini adalah pembayarannya yang didasari kejujuran si pembeli.

Honesty bookshop dibangun dengan tampilan sejumlah rak-rak buku yang diletakkan di pagar atau dinding luar rumah. Berbeda dengan toko buku lainnya, di sini tak ada penjaga toko dan kasir. Yang tersedia hanya kotak uang. Jadi, pembeli harus benar-benar jujur jika ingin membeli buku di sini.

Tak hanya menjadi kota buku, Hay-on-Wye juga rajin menyelenggarakan rutin festival literatur setiap bulan Juni. Ketika acara ini digelar, kota ini bisa kebanjiran 80.000 penulis, penerbit, dan pecinta buku dari seluruh dunia.

(nha)