Papua merupakan salah satu pulau yang memiliki pemandangan eksotis di Indonesia. Banyak hal menarik yang bisa ditemuka di Papua. Mulai dari pemandangan alamnya yang sangat cantik, panorama bawah laut yang memukau hingga kebudayaan warga setempat yang bisa dinikmati.

Dikutip dari detikcom (Minggu, 7/12/2014), Papua memiliki festival yang tak boleh dilewatkan jika sedang berkunjung atau akan mengunjunginya. Berikut ini 4 festival yang wajib dikunjungi di Papua.

1. Festival Lembah Baliem

Festival Lembah Baliem ini sudah sangat terkenal. Festival ini biasa diselenggarakan di Wamena, Papua. Dalam festival ini ratusan orang suku Dani berkumpul dalam selebrasi adat yang meriah. Kebudayaan Papua yang kental sangat terasa di festival ini. Para suku Dani memakai pakaian adat koteka dan para wanita memakai rok jerami bernama kombou. Tak lupa juga yang pria membawa tombak.

2. Festival Danau Sentani

Tak hanya dilaksanakan di pegunungan saja, festival yang ada di Papua pun berada di atas air. Masyarakat daerah tepi air menggelar acara yang diberi nama Festival Danau Sentani. Festival ini diadakan di Jayapura, Papua. Festival ini begitu meriah. Rtusan warga memakai pakaian adat dan naik di atas perahu berhiaskan atribut yang terbuat dari daun kelapa. Mereka pun menari dengan hasil panen dan buruan.

3. Festival Raja Ampat

Ini nih yang juga gak boleh dilewatkan yakni Festival Raja Ampat. Festival ini tergolong baru karena semakin populernya Raja Ampat sebagai destinasi wisata. Biasanya diselenggarakan di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC). Berbagai tarian tradisional khas Papua diselenggarakan di sini.

4. Festival Kamoro

Festival Kamoro adalah festival yang dilaksanakan oleh suku Kamoro di Papua. Festival ini memiliki ciri khas yakni dibuka dengan tarian Kasuari dimana ada satu orang yang berkostum penuh dengan bulu dan para penari pria menari layaknya seorang pemburu. Jika dibandingkan ketiga festival di atas, yang satu ini cukup sepi pengunjung.(dea)