Akhir-akhir ini banyak kalangan artis yang sebelumnya ternyata bukan siapa-siapa dan hanya memiliki pekerjaan berat dengan bayaran yang tak seberapa. Salah satunya adalah Sonny Wakwaw. Dia hanya seorang pemulung, namun setelah bermain di sinetron, hidupnya berubah 180 derajat. Berikut adalah 5 artis selain Sonny Wakwaw yang juga hidup susah sebelum terkenal, seperti dilansir dari Liputan6, Minggu (7/12/2014).

1. Tukul Arwana

Tukul Arwana
Tukul Arwana

Pada awal 1980 hingga akhir 1981, Tukul sang pelawak yang kerap menyebut namanya Reinaldi saat di atas panggung itu pernah menjadi sopir angkutan kota alias angkot. Tukul memang pernah melakoni hidup menjadi sopir dan bahkan kernet angkot. Itu dia lakukan jauh sebelum tenar. Kendati sekarang menjadi seorang selebriti, Tukul mengaku tak bakal melupakan rekan-rekannya yang kini masih bekerja sebagai sopir.

2. Caisar Putra Aditya

Caisar Putra Aditya
Caisar Putra Aditya

Caisar yang tenar lewat goyangan Caisar yang dia ciptakan sendiri ini pernah menjalani beberapa profesi, termasuk menjadi tukang ojek. Dirinya mengaku mendapat penghasilan Rp 40 ribu sekali ngojek. Caisar mulai masuk dunia hiburan ketika menjadi asisten pelawak Yadi Sembako lewat jasa sang kakak yang merupakan seorang manajer beberapa komedian.

3. Iko Uwais

Iko Uwais
Iko Uwais

Iko sempat bekerja sebagai seorang sopir truk di sebuah perusahaan provider telekomunikasi. Hal itu dilakukannya sebagai usahanya mencari uang. Sembari bekerja dirinya juga aktif di olahraga pencak silat. Hal itulah yang akhirnya membawa namanya mendunia. Silat jugalah yang kemudian mengubah haluan hidup Iko, dari seorang sopir menjadi seorang bintang film laga seperti sekarang.

4. Charly Van Houten

Charly Van Houten
Charly Van Houten

Charly yang merupakan vokalis Setia Band ini mengaku pernah memiliki pengalaman menjadi pengamen jalanan bersama istrinya. Beberapa stasiun dan jalanan sudah dilaluinya untuk mengamen. “Aku merasakaan sakitnya kelaparan, dan itu aku nikmati sekali. Tinggal di jalanan, istri nyanyi di kafe,” ujar Charly. “Punya uang 1500, kami sering kelaparan, akuĀ  hanya makan tempe goreng dan nasi putih juga teh. Intinya, setiap kali ingat masa lalu semakin ingin aku ajarkan anakku untuk selalu bersyukur nanti,” tambahnya.

5. Oppie Kumis

Oppie Kumis
Oppie Kumis

Siapa sangka Oppie Kumis yang kini dikenal sebagai pelawak dulunya adalah seorang kuli bangunan. Kerja keras Oppie menjalani pekerjaan sebagai kuli bangunan tak pernah membuatnya merasa patah semangat, demi membiayai hidup keluarga. Saat itu Oppie telah dikaruniai satu anak. Tak hanya jadi kuli bangunan, komedian berusia 55 tahun ini pernah pula menjadi pedagang baju dadakan. (tom)