4 Hal di Paris yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Siapa yang tidak tahu kota Paris? Ibukota Perancis ini terkenal dengan sebutan “City of Lights” karena keindahannya, apalagi di malam hari. Kota ini setara dengan kota-kota terkenal lainnya di dunia seperti Roma, Milan, Madrid atau New York. Selain dikenal sebagai kota yang romantis dan menara Eiffelnya, tidak banyak lagi yang diketahui tentang Paris. Berikut adalah 4 hal di Paris yang mungkin belum kamu tahu, seperti dilansir dari Liputan6com, Senin  (8/12/2014).

1. Ada 3 Patung Liberty

Patung Liberty di Paris
Patung Liberty di Paris

Ketika berlayar di sepanjang sungai Seine, di ujung Ile de Cygne dekat Eiffel, Anda dapat menemukan versi mini dari Patung Liberty yang dirancang oleh seniman Italia-Perancis, Auguste Bartoldi. Jika berjalan melewati taman Luxembuorg, di sisi barat taman juga terdapat replika Patung Liberty ke-2. Kemudian, Patung Liberty ke-3 dapat ditemukan di museum Art and Métiers.

2. Katakan “bonjour” atau kamu tidak akan dilayani

Penjual kue
Penjual kue

Bagi warga Paris, ucapan sapaan adalah hal yang penting, meskipun tidak saling mengenal. Kata sapaan yang paling umum dalam bahasa Perancis adalah “bonjour” yang berarti halo. Kemanapun kamu pergi, baik ke toko, pasar, restoran atau masuk lift sekalipun, ucapkanlah kata tersebut atau kamu tidak akan mendapat perlakukan yang ramah.

3. Ada lebih dari satu Arc de Triomphe

Arc de Triomphe
Arc de Triomphe

Selain Eiffel, Arc de Triomphe adalah maskot lain kota Paris. Terletak di Chaillot, monumen ini merupakan titik pertama dan terakhir dari jalan yang sangat terkenal, Champs de Ellydee. Sebenarnya, ada dua lagi bangunan yang serupa dengan Arc de Triomphe, yaitu Porte Saint-Denis dan Porte Saint-Martin yang dibangun masing-masing pada tahun 1672 dan 1764.

4. Penjara Bastille masih ada

Penjara Bastille
Penjara Bastille

Penjara Bastille adalah simbol kediktatoran raja Louis. Menjadi tempat pengurungan para penentang raja, penjara Bastille diserbu oleh warga Perancis saat Revolusi tahun 1789. Saat ini, setelah lebih dari 200 tahun, penjara Bastille masih ada, meskipun sudah tinggal beberapa serpihan kecilnya saja yang tersisa. Sisa-sisa penjaranya sendiri dapat ditelusuri dari stasiun Basttille di peron utara. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Siap-siap, Yogyakarta Akan Bangun Hotel Mewah Bergaya Eropa

7 Minuman yang Pas Saat Musim Hujan