Minuman teh sudah dikenal di seluruh dunia. Teh memiliki sejumlah manfaat dan kaya akan flavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh. Minuman teh juga banyak jenisnya mulai dari teh hitam, teh hijau, white tea, earl grey, oolong tea, dan lain-lain.

Tradisi minum teh juga berbeda di tiap-tiap negara, di Indonesia misalnya terdapat di Keraton Jogjakarta. Di Keraton ada yang namanya “Patehan” atau persembahan minum teh kepada raja.

Untuk merayakan pesta minum teh, PT Pagilaran yang merupakan perkebunan teh yang populer di Yogyakarta dan wilayah Jawa Tengah bersama Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menggelar acara yang bernama Jogja Tea Party. Acara ini akan dilaksanakan pada akhir pekan ini yakni tanggal 12-14 Desember 2014 yang bertempat di Museum Benteng Vrederburg, Jogjakarta.

“Dalam acara Jogja Tea Party itu akan kita kenalkan berbagai tradisi minum teh,” kata Ketua Panitia, Achmadi Priyatmojo seperti yang dilansir dari detikcom (Selasa, 9/12/2014).

Jogja Tea Party akan berisikan sejumlah acara seru seperti aneka kuliner dari olahan teh, green tea competition, dan seminar. Lombanya sendiri ini akan khusus, pesertanya terdiri dari para penjual angkringan yang biasa menjajakan teh di pinggir jalan Yogyakarta. Mereka akan berlomba membuat teh dengan cita rasa tinggi.

Para pedagang yang biasa menjaul teh akan diminta menentukan komposisi teh dari tiap grade yang ada.

Menurut Achmadi, acara pesta teh ini akan banyak bermanfaat seperti mempertemukan antara produsen, pengelola, dan konsumen teh yang bisa memberikan masukan kepada pemerintah terkait produksi teh di Jogja yang mengalami penurunan produksi karena berkurangnya lahan perkebunan teh.

“Semua produsen teh kita undang, untuk memperkenalkan produknya. Acara ini kami harapkan dapat menarik wisatawan yang sedang berlibur di Yogyakarta nanti,” pungkas Achmadi.(dea)