Setiap tahunnya, kawasan Kota Tua selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Itulah sebabnya, kawasan ini kerap menampilkan sesuatu yang menarik demi menarik perhatian pengunjung.

Usaha demi usaha dalam mengembangkan Kota Tua akhirnya membuahkan hasil. Saat ini, kawasan ini resmi ditetapkan sebagai daya tarik wisata nasional.

“Tanggal 9 Desember 2014 ini sudah turun SK dari Menteri, Kota Tua sebagai daya tarik wisata nasional dan destinasi wisata utama di Jakarta,” ujar Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata, seperti dilansir DetikTravel, Rabu (10/12/2014)

“Kota Tua memang jadi salah satu destinasi terkenal di Jakarta. Hanya, kawasan itu belum diperhatikan dengan maksimal. Sekarang akhirnya kawasan ini telah ditetapkan sebagai daya tarik wisata nasional, sehingga perlu penataan lebih lanjut,â?? sambungnya.

Arief menambahkan, dengan adanya pencanangan ini bisa membawa Kota Tua menuju pengakuan sebagai Situs Warisan Budaya dari UNESCO. Ada tiga pihak yang bekerja sama guna memajukan kawasan sebagai pusat seni dan industri kreatifini yakni Kemempar, Pemerintah DKI Jakarta dan Konsorsium Kota Tua.

Terkait hal ini, Arief pun mengajukan beberapa usulan. “Usulan lainnya adalah fokus di bahari agar kapal-kapal yacht banyak yang bisa merapat dan menjadikan salah satu gedung sebagai pusat jasa keuangan,” tandas Arief.

“Seperti minimarket, namun jual belinya jasa. Seperti keamanan, dan perbankan. Ini bisa mendatangkan devisa sekaligus menghidupkan Kota Tua siang dan malam,” cetus Arief.

Nantinya, ada 7 titik yang akan jadi pusat kegiatan seni di Kota Tua. â??Kota Tua Jakarta baru saja dicanangkan menjadi destinasi wisata. Akan ada 7 titik yang akan jadi pusat kegiatan seni di Kota Tua,â?? papar Ketua Konsorsium Kota Tua Jakarta, Lin Chi Wei

Semoga saja dengan diresmikannya Kota Tua sebagai Destinasi Wisata Nasional dapat meningkatkan kunjungan para turis ke tempat ini. (nha)