Alkitab merupakan sebuah kitab suci umat Kristiani. Umumnya, Alkitab dicetak menjadi satu jilid buku, yang awalnya merupakan kumpulan dari 66 kitab yang secara resmi diakui oleh umat Kristen.

Kata “Alkitab” berasal dari bahasa Arab, Al dan Kitab , yang secara harfiah berarti “kitab itu” atau “buku itu”, sedangkan Al merupakan kata sandang khas dalam bahasa Arab. Alkitab sendiri terdiri atas dua bagian utama, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Perjanjian Lama adalah Kitab Suci agama Yahudi, yang memuat cerita tentang nabi-nabi agama Yahudi. Sedangkan, Perjanjian Baru ditulis oleh orang-orang Kristen yang pertama, kemudian diperbarui lagi antara Allah dengan seluruh umat manusia melalui Yesus Kristus.

Berbicara soal Alkitab, ternyata di dunia ini ada sebuah Alkitab berukuran kuku lho. Alkitab ini diciptakan oleh perusahaan yang terletak Yerusalem. Alkitab mini ini diberi nama Nano Alkitab.

Tahukah kamu? Nano Alkitab adalah sebuah Alkitab yang berisi Perjanjian Baru yang dikembangkan dalam versi yang sangat kecil. Mungkin kamu akan berpikir bagaimana caranya membaca Alkitab ini. Tenang saja, Nano Alkitab bisa kamu baca dengan menggunakan alat bantu mikroskop.

Saking kecilnya, Nano Alkitab hanya berukuran sekitar 0,2 inci atau 5 mm. Bahasa yang digunakan pada Nano Alkitab adalah bahasa Yunani.

Perusahaan ini pun telah mendaftarkan Nano Alkitab ke Guinness World Records. Pihak dari perusahaan itu mengklaim bahwa ini adalah Alkitab terkecil di dunia. Sebelumnya, pemegang rekor terdahulu berasal dari India dengan ukuran sekitar 1,1 x 1,3 x 0,39 inci.

Bukan hanya itu saja, perusahaan tersebut juga berniat memproduksi massal dan mengembangkannya di industri perhiasan.

Tak tanggung-tanggung, mereka juga berencana membuat Nano Alkitab yang berisi Perjanjian Lama. “Tujuan kami adalah untuk memproduksi secara massal,” kata David Almog selaku Kepala Departemen Pemasaran, seperti dilansir WowKeren, Rabu (10/12/2014).

“Kami juga ingin mengembangkan Nano Alkitab di industri perhiasan berupa kalung, gelang dan cincin.” tutup David

(nha)