Kemarin baru saja film terbaru Doraemon yang berjudul “Stand By Me Doraemon” diputar di bioskop Indonesia. Bisa diduga kalau film tersebut akan diserbu oleh para penggemarnya, terutama dari generasi 90-an. Meski sudah lama menemani kita tumbuh dewasa, mungkin ada beberapa hal yang belum kita ketahui terkait tokoh-tokoh yang ada di dalam anime Doraemon. Berikut adalah fakta unik tokoh-tokoh Doraemon, seperti dikutip dari Kaskus, Kamis (11/12/2014).

Yang pertama jelas Doraemon. Doraemon lahir pada tanggal 3 September 2112, dan aslinya berwarna kuning. Kini robot tersebut berwarna biru dan kehilangan telinga kucingnya. Doraemon sebenarnya termasuk produk gagal, karena kumisnya yang seharusnya berfungsi sebagai radar tidak berfungsi. Karena itu pula prestasinya jelek di sekolah robot dan ketika lulus tidak ada yang ingin membelinya. Namun, Sewashi, cicit Nobita, akhirnya membelinya dan mengirimkannya ke masa Nobita.

Beralih ke Nobita. Seperti yang kita ketahui, Nobita merupakan murid kelas 4 SD yang sangat malas dan tidak pandai dalam pelajaran apapun. Bahkan dalam olahraga juga dia tidak mahir. Ternyata ‘bakat’ tidak pandai dalam pelajaran menurun dari ayahnya, sementara bakat tidak bisa olahraganya menurun dari ibunya. Meski demikian, Nobita memiliki bakat lainnya, yaitu penembak yang ulung, ahli permainan ayatori (membentuk sesuatu dari karet atau tali), dan juga pecinta binatang. Fakta menarik lainnya adalah Nobita sebenarnya akan menikah dengan Jaiko, adik Giant, jika saja Doraemon tidak datang ke masa Nobita.

Berikutnya ada Shizuka, tokoh utama perempuan dalam serial Doraemon. Shizuka dikenal gemar mandi, bahkan diketahui dirinya pernah mandi lebih dari 3 kali dalam sehari. Dia juga mengikuti les piano, walau sebenarnya dia lebih minat pada biola. Meski cantik, namun Shizuka ternyata doyan ubi bakar. Dirinyalah yang akan menikah dengan Nobita di masa depan. Semua itu berkat kedatangan Doraemon.

Lanjut ke Giant. Giant yang bernama asli Goda Takeshi ini diberi julukan Giant karena badannya yang besar. Adiknya, Jaiko, adalah plesetan dari julukan kakaknya, Jaian. “ko” dari bahasa Jepang artinya kecil. Maksudnya Jaiko artinya adalah Jai yang masih kecil. Meski terlihat berani, ternyata Giant takut pada ibunya sendiri, dan meskipun suka berbuat semena-mena pada temannya, seperti menyanyi selama 3 jam dengan suara yang cukup tidak enak didengar, memukul temannya dan tidak mengembalikan barang pinjaman, Giant ternyata cukup peduli pada teman-temannya.

Setelah Giant, ada Suneo. Suneo merupakan anak orang kaya. Dirinya ternyata sangat narsis dan doyan berlama-lama di depan cermin menatap wajahnya yang (katanya) tampan. Namun di balik itu semua, Suneo ternyata masih suka ngompol. Keahliannya ada pada bidang desain baju.

Terakhir ada Dorami, adik dari Doraemon. Mereka dikatakan bersaudara karena dalam pembuatannya memakai oli dari kaleng yang sama. Berbeda dengan Doraemon yang takut tikus, Dorami justru takut kecoa. Meski lebih kecil dari Doraemon, ternyata Dorami lebih kuat dari Doraemon. (tom)