Siapa sangka bahwa gadis muda yang masih berusia 18 tahun ini bisa mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika? Yang awalnya suka ikut sang ayah berjualan tempe dan kerudung di pasar, merupakan anak yang sangat berprestasi di sekolahnya.

Gadis muda dan jenius itu adalah Amalia Suri yang berasal dari Aceh. Walaupun hidupnya pas-pasan, Amalia dikenal sebagai siswi yang berprestasi di sekolahnya dan juga lancar berbahasa Inggris.

Dikutip dari atjehpost Amalia yang akrab disapa Amel ini merupakan anak dari ayah yang pekerjaannya tidak tetap dan sang ibu hanya merupakan guru sekolah dasar di Aceh.

Sejak kecil Amel memang berkeinginan untuk bisa ke luar negeri, dan di usianya yang masih sangat muda Ia berhasil berangkat ke luar negeri secara gratis sebanyak dua kali.

Ia baru saja mengikuti program Sunburst Youth Camp (SYC). Acara itu sendiri dihelat sejak 30 November – 6 Desember 2014. Sebelumnya Amel pernah mengikuti pertukaran pelajar Youth Exchange Study tahun 2013-2014 di Amerika.

Amel pun menerapkan kedisiplinan untuk dirinya sendiri, mengingat keadaan keluarganya. Ia selalu menyisihkan uang dari uang yang diberikan kepadanya. Semangatnya untuk belajar sangatlah tinggi, Ia senang dengan suasana pendidikan saat ini yang menurutnya antar guru dan murid seperti teman. Teman-temannya pun selalu memberinya energi positif.

Gadis muda in tergolong aktif. Ia mengikuti berbagai jegiatan seperti teater dan selalu belajar kelompok. Ia tidak membiarkan dirinya selalu diam saja.

â??Pokoknya Amel betah aja di sekolah,â? kata gadis periang ini.

Nasihat sang ayah tak pernah dilupakannya dimanapun Ia pergi. Ayahnya selalu berpesan agar selalu rajin belajar dan berperilaku baik yang mencerminkan kebaikan orang Aceh, yang merupakan daerah asalnya.