Kesehatan dan kebersihan vagina perempuan harus selalu dijaga agar selalu tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit kelamin. Jika ada pada masalah pada miss V Anda segera konsultasikan ke dokter. Jangan anggap remeh masalah pada bagina, karena salah sedikit saja bisa fatal.

Dikutip dari lintasme/zorayalie (Minggu, 14/12/2014), berikut lima masalah miss v yang wajib wanita tahu.

1. Gatal Berlebihan pada Vagina

Gatal berlebih bisa jadi datang dari infeksi bakteri yang berasal dari penyakit, keputihan atau pakaian yang tidak bersih. Paparan daerah luar seperti menggunakan wc umum sembarangan bisa juga jadi penyebab gatal pada kelamin. Jika begini segera bersihkan miss V Anda dan jangan asal digaruk karena tangan Anda penuh dengan kuman.

2. Benjolan atau Jerawat pada Miss V

Rambut vagina yang tumbuh ke dalam bisa menimbulkan benjolan atau jerawat pada vagina. Begitu juga radang yang terjadi pada folikel rambut vagina. Umumnya benjolan ini tidak terasa sakit ketika disentuh. Tapi jangan langsung panik, jika benjolan terjadi karena hal ini, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi.

3. Nyeri pada Saat Buang Air Kecil

Masalah ini bisa saja terjadi ketika mengalami kekeringan vagina, penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih, atau infeksi bakteri yang meradang. Tapi tak usah terlalu panik karena bisa sembuh dengan cara merawat vagina dengan baik, namun jika sudah terlalu parah nyerinya ada baiknya dikonsultasikan ke dokter.

4. Vagina Kering

Vagina kering akan menimbulkan nyeri, rasa terbakar, dan rasa gatal. Banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya vagina kering diantaranya karena stres.

5. Mati Rasa

Jika Anda mengalami mati rasa pada bagian Miss V, yakni tidak merasakan apapun ketika vagina disentuh. Hal ini bisa terjadi pada pengendara sepeda yang aktif  atau sering bersentuhan dengan benda keras. Jika hal ini terjadi coba ganti bantalan duduk dengan yang lebih empuk.(dea)