Sekolah Ini Ubah Atap Jadi Stadion

Ide bisa datang darimana saja, bahkan dari keterbatsan sekalipun. Seperti sebuah sekolah dasar yang ada di Tiantai, Zheijang, Tiongkok, sekolah ini membuat atap sekolah menjadi lebih seru dan bisa digunakan oleh semua murid yang ada.

Dikutip dari merdekacom (Minggu, 14/12/2014), atap sekolah disulap menjadi stadion olahraga yang sangat luas, lengkap dengan lapangan dan trek lari. Sekolah ini begitu unik jika dilihat dari atas, sangat jarang sekolah yang membuat stadion di atas atap.

Ide ini muncul karena sempitnya lahan yang diperlukan untuk membuat lapangan. Pihak sekolah sampai harus memutar otak bagaimana memanfaatkan lahan yang sempit semaksimal mungkin.

“Tanah sekolah yang terbatas tidak bisa memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk berolahraga. Kami pun akhirnya memilih untuk membangun trek di atap,” kata kepala arsitek Ruan Hao.

Akhirnya terciptalah trek lari seluas 200 meter di atas atap gedung sekolah. Tak perlu repot lagi mencari lapangan, karena kini sebanyak 1.600 siswa yang ada di sekolah tersebut bisa memakai stadion kapapnpun sesuai keinginan mereka.

Keamanan stadion ini tidak perlu diragukan lagi. Arena olahraga dilengkapi tiga lapisan pelindung keamanan, di sekitar arena pun dilengkapi dengan dinding kaca setinggi enam kaki.

Jika dilihat dari atas, tidak akan terlihat bahwa di bawah stadion tersebut merupakan sebuah sekoalh dasar yang berisikan murid-murid sekolah dasar.

Desain stadion ini mendapat pujian dan pengakuan dari seluruh dunia. Bangunan ini mewakili Tiongkok di pameran Venice Architecture ke-14 di tahun 2014 ini. Trek unik ini telah diresmikan pada bulan September lalu.

Total lahan atap yang digunakan untuk membangun stadion ini seluas 3.000 meter persegi dan dilengkapi dengan kamera CCTV untuk merekam seluruh aktivitas yang ada dalam stadion. Wah kapan Indonesia punya yang gini ya :D(dea)

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Surga Ubur-ubur di Pulau Kakaban

Nikmati Sate Kebumen Berbumbu Tempe